Advertisement

Pemkot Jogja Gelar Festival Inovasi Jogja

Media Digital
Rabu, 17 November 2021 - 05:07 WIB
Maya Herawati
Pemkot Jogja Gelar Festival Inovasi Jogja Suasana penganugerahan penghargaan dalam Festival Inovasi Jogja yang diadakan di Taman Pintar, Selasa (16/11). (ist - Humas Pemkot Jogja)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja menghadirkan beragam inovasi dan hasil kreativitas pelajar, mahasiswa, masyarakat umum dan aparatur sipil negara (ASN) dalam Festival Inovasi Jogja yang digelar di Taman Pintar 13-18 November. Penyelenggaraan ini diharapkan menjadi pemicu tumbuhnya minat inovasi dan kreativitas di masyarakat serta menghasilkan terobosan baru bagi pelayanan publik di pemerintah daerah.

Festival Inovasi Jogja menampilkan beragam hasil kreativitas dan inovasi yang dihasilkan peserta dalam ajang Anugerah Inovasi Perangkat Daerah (AIPD) dan Anugerah Inovasi Penelitian (AIP). AIPD merupakan ajang yang dihadirkan untuk mendorong organisasi perangkat daerah (OPD), ASN, dan unit kerja di lingkungan setempat membuat inovasi dan terobosan. Sementara AIP adalah wadah ide-ide dan kreativitas yang dilombakan bagi pelajar, mahasiswa dan masyarakat.

Advertisement

Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi mengatakan festival ini menjadi penting dalam menumbuhkan kesadaran dan minat masyarakat, pelajar dan pelayan publik dalam menghasilkan inovasi.  "Kalau saya lihat judul karya yang dijadikan pemenang pada tahun ini, bahwa sebagian besar adalah merespons kondisi pandemi dan sebagian besar itu adalah bagaimana kita [masyarakat] di masa pandemi ini harus beradaptasi agar proses mobilitas dan interaksi yang kita bangun bersama untuk pemulihan sosial dan ekonomi bisa berjalan baik," kata Heroe dalam penganugerahan pemenang di Taman Pintar, Selasa (16/11/2021).

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Jogja, Agus Tri Haryono mengungkapkan Festival Inovasi Jogja digelar sesuai dengan Peraturan Wali Kota No.77/2020 tentang Inovasi Daerah. Pemkot Jogja juga telah menyelenggarakan dua kegiatan terhadap penilaian inovasi pemerintah daerah sebagai bentuk perhatian dan penghargaan kepada inovasi yang telah ditumbuhkembangkan di wilayah setempat.

Dalam ajang penganugerahan inovasi itu, total ada sebanyak 115 judul karya peserta dan telah terpilih 24 karya terbaik dalam ajang AIP, sedangkan AIPD diikuti oleh 41 unit kerja di lingkup Pemkot Jogja dengan total inovasi sebanyak 22 inovasi dan sebagian juga telah diterapkan di 2019 dan 2020 lalu. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement