KHAD UMY Raih Penghargaan Paling Andal di Kontes Mobil Hemat Energi 2021

Tim KHAD Racing Team UMY Muhammad. - Ist.
24 November 2021 13:37 WIB Sunartono Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL--Tim KHAD Racing Team Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menutup kompetisi dengan meraih penghargaan off track kendaraan paling andal dalam Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2021 yang resmi berakhir Minggu (21/11/2021).

Ketua tim KHAD Racing Team UMY Muhammad Aldiansyah, menyjelaskan penghargaan tersebut diberikan kepada tim karena mampu menyelesaikan lima kali kesempatan race tanpa DNF [Do Not Finish]. "Tetapi secara perolehan poin masih di bawah tim lainnya, dan alhamdulillah KHAD mendapatkan itu," katanya dalam rilis yang dikirim Humas UMY, Rabu (24/11/2021).

DNF merupakan istilah bagi mobil yang tidak bisa menyelesaikan 8 lap dalam waktu 27 menit, penyebabnya karena mobilnya trouble (bermasalah) di pertengahan lap, atau sudah mencapai finish namun melebihi waktu 27 menit. Penghargaan ini berbeda dengan juara umum 1,2, dan 3.

BACA JUGA : Kontes Mobil Hemat Energi di UGM akan Diikuti 60 Tim

“Secara garis besar tim KHAD UMY berada di peringkat 4 dan mendapatkan penghargaan Kendaraan Paling Andal,” ujarnya

KMHE tahun ini melewati beberapa tahap seleksi, dari tahap awal seleksi, tim yang mendaftar di kelas yang sama dengan UMY ada 21 tim, kemudian masuk tahap seleksi laporan desain kendaraan terpilih 11 tim untuk masuk tahap seleksi virtual inspection, setelah itu diumumkan finalis yang lolos untuk melakukan race on track yang hanya berjumlah 4 tim untuk merebut juara 1,2,3. Dan UMY satu-satunya tim kampus swasta yang bisa mencapai final. Setiap kompetisi tentu saja, semua tim ingin menjadi yang terbaik. KHAD berharap bisa jauh lebih baik untuk kompetisi berikutnya.

"Harapan kami ke depannya KHAD bisa konsisten untuk bersaing mendapatkan podium demi nama baik UMY,” ujarnya.

BACA JUGA : KABAR KAMPUS: Tim Garuda UNY Raih 2 Gelar di Kontes

Dalam keikutsertaannya di ajang KMHE 2021, tim KHAD mempersiapkan mobil sejak tujuh bulan yang lalu. Dikerjakan oleh lima mahasiswa tim inti dari Prodi Teknik Mesin UMY diantaranya; Dimas Gito Dewantara - Mesin, 2019, Muhammad Aidil - Mesin, 2019, Irfan Kholis - Mesin, 2020, Ilyas Yudhi Pradana - Elektro, 2019, Abdul Harist Al Fattah - Mesin, 2019, serta dosen Pembimbing Ir. Aris Widyo Nugroho, Ph.D dan dibantu sekitar 10 orang tim eksternal.