ITDA Cetak Lulusan Unggul, Siap Berkiprah di Dalam dan Luar Negeri

Rektor ITDA, Marsekal Muda TNI (Purn), Ken Darmastono. - Harian Jogja/Catur Dwi Janati
24 November 2021 05:37 WIB Catur Dwi Janati Sleman Share :

Harianjogja.com, BANTUL-Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto (ITDA) akan kembali meluluskan alumninya pada Wisuda XVI TA. 2021/2022. Dalam wisuda ke-16 kali ini yang menjadi istimewa ialah telah berlakunya perubahan status kampus dari Sekolah Tinggi Dirgantara Adisutjipto (STTA) menjadi Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto.

Rektor ITDA, Marsekal Muda TNI (Purn), Ken Darmastono kembali mewisuda sejumlah mahasiawa ITDA. Wisuda ITDA ke-16 kali ini menggunakan sistem hybrid antara luring dan daring di Kesultanan Ballroom Royal Ambarrukmo Yogyakarta pada Rabu (24/11/2021). Sebanyak 332 mahasiswa akan diwisuda dengan sistem hybrid ini.

"Bila wisuda pertama hingga 15 lalu yang mewisuda STTA, pada wisuda ke-16 kali ini kami sudah menjadi institut," tutur Ken pada Senin (22/11/2021).

Situasi pandemi yang menunjukkan tren penurunan kasus membuat ITDA berani menggelar wisuda secara luring. Meski dalam pelaksanaannya menggunakan standar protokol kesehatan yang sangat ketat. Sementara bagi mahasiswa yang belum bisa mengikuti wisuda secara luring, tetap diwisuda secara daring.

"Panitia setelah berkonsultasi dengan banyak pihak memutuskan berani menyenangkan calon wisudawan secara hybrid, campuran antara daring dan luring di hotel yang izin-izinnya dijamin bisa. Prokes dilakukan secara ketat, tanpa melibatkan orang tua. Orang tua tidak usah ikut, hanya yang diwisuda saja," terangnya.

Baca juga: Objek Wisata di DIY Bakal Diawasi saat Libur Akhir Tahun

Di dunia kerja, lulusan ITDA memiliki andil besar di berbagai bidang terutamanya dalam sektor kedirgantaraan. Diterangkan Ken, lulusan ITDA melanglang buana baik di dalam Tanah Air hingga ke manca negara. "Alumnus kita bekerja di Jepang, di Vietnam dan lain sebagainya," tuturnya.

"Spesialisasi kami di bidang teknik atau engineering, tekniknya berbau-bau dirgantara. Sehingga di ITDA yang menjadi unggulannya prodi Teknik Dirgantara, ada Teknik Industri, Teknik Elektro, Informatika, dan D3 Aeronautika. Semuanya, kegiatan elektro, mesin, industri, informatika itu yang ada hubungannya dengan dirgantara," jelas Ken.

Dengan bekal pengetahuan kedirgantaraan, Ken menjelaskan para alumnus ITDA banyak bekerja di bidang-bidang dirgantara. Beberapa rekrutmen langsung dilakukan di ITDA oleh GMF Aero Asia dan Lion Air, Sinar mas, PT.YAUP, hingga PT. YASUNLI. Lulusan ITDA juga banyak berkarir di BUMN seperti PTDI, AngkasaPura I dan II.

Di luar bidang kedirgantaraan, beberapa lulusan ITDA juga berkarir di lembaga pemerintahan seperti di Kementerian Perhubungan, Kementerian Perindustrian, TNI, Polri dan juga BPPT. "Kami secara umum lulusannya akan bekerja di bidang kedirgantaraan atau yang ada kaitannya, walaupun mungkin ada sedikit yang tidak di situ," tandasnya.

Di sisi lain berubahnya status sekolah tinggi menjadi institut dijelaskan Ken memiliki beberapa dampak positif bagi kampus. "Dengan nama universitas dan institut, sesuai dengan visi kami yang Go International kami lebih diakui, sebagai institut teknologi," ungkapnya.

Terakhir Ken berpesan kepada para wisudawan agar bisa bermanfaat bagi lingkungannya. "Bermanfaat bagi kemanusiaan, bagi negaranya. Kami sebagai orang tuanya yang ikut mendidik tentu akan ikut bangga kalau ada anak didiknya yang berhasil," ujarnya.

Rincian Wisudawan

Secara rinci Ketua Panitia Wisuda ITDA 2021, Uyuunul Mauidzoh menjelaskan dari 332 orang wisudawan 77 orang berasal dari Program Studi Teknik Dirgantara, 90 orang dari Program Studi Teknik Mesin, 43 orang dari Program Studi Informatika, 25 orang dari Program Studi Teknik Industri, 46 orang dari program Studi Teknik Elektro dan 51 orang dari Program Studi Aeronautika.

Ditambahkan Uyun sambutan wisuda tahun ini akan diberikan oleh Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KASAU), Marsekal TNI Fadjar Prasetyo selaku Pembina YAYASAN TNI AU Adiupaya (YASAU) secara daring. Acara ini juga dihadiri langsung oleh Ketua Umum YASAU Marsma TNI (Purn) Samto Hadi Isnanto yang berperan memindahkan tali toga sebagai tanda kelulusan bagi para wisudawan.

Berdasarkan catatan Uyun 54 mahasiswa yang diwisuda kali ini meraih predikat cum laude. Wisudawan terbaik tahun ini diraih oleh Rosalia Setia Nursanti dengan IPK 3,98 dari Prodi Informatika. Adapun wisudawan dengan IPK tertinggi untuk masing-masing Prodi yaitu yakni Adhi Tyas Wahyu Tri Utomo IPK 3,84 dari Prodi Teknik Mesin, Sayekti IPK 3,81 dari Prodi Teknik Elektro, Filan Hamada Afta IPK 3,75 dari Prodi Aeronautika, Sandy Adam IPK 3,68 dari Prodi Teknik Industri dan Adrian Nasaifal Ramadhan IPK 3,66 dari Prodi Teknik Dirgantara.

"Wisudawan yang hadir secara luring harus telah mendapatkan vaksin. Bila ada komorbid tertentu harus mendapatkan surat dari dokter. Orang tua yang datang akan disediakan tempat tersendiri, terpisah untuk menjaga prokes. Para orang tua bisa menyaksikan prosesi kelulusan melalui layar yang telah disediakan," tandasnya.