Advertisement

Hujan Cuma Hitungan Jam, Belasan Pohon di Bantul Ambruk

Catur Dwi Janati
Selasa, 07 Desember 2021 - 16:47 WIB
Bhekti Suryani
Hujan Cuma Hitungan Jam, Belasan Pohon di Bantul Ambruk Foto ilustrasi pohon tumbang di tengah jalan. - ANTARA FOTO/Budi Candra Setya

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL - Hujan yang sesekali disertai angin menyebabkan sejumlah pohon di Bantul kembali tumbang. Tumbangnya pohon menyebabkan sejumlah kerugian.

Plt. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul, Agus Yuli pada Selasa (7/12/2021) menyatakan belasan pohon di Bantul tumbang. Dua wilayah yang banyak mengalami kejadian pohon tumbang meliputi Kapanewon Banguntapan dan Sewon

Advertisement

"Hujan sedang hingga lebat disertai angin yang terjadi sejak pukul 14.30 WIB memberikan dampak bagi sebagian wilayah Kabupaten Bantul, yakni Kapanewon Banguntapan dan Sewon," katanya, Selasa.

Berdasarkan catatan Agus, total 15 pohon tumbang tersebar diberbagai titik terutama di dua kapanewon tersebut. "Total pohon tumbang 15 titik yang berdampak pada akses jalan, jaringan listrik dan rumah," terang Agus.

Banyak titik pohon tumbang membuat tim BPBD segera bergegas ke lokasi untuk evakuasi. "TRC, PBK, FPRB dan relawan masih melakukan penanganan dan pendataan," tandas Agus.

BACA JUGA: PPKM Level 3 Nataru Dibatalkan, Syarat Perjalanan Tetap Diperketat

Masih banyaknya kejadian pohon tumbang di wilayah Bantul mendorong BPBDkembali mengingatkan masyarakat untuk memangkas pohon yang dinilai rawan tumbang. Kegiatan ini dapat mengurangi risiko pohon tumbang saat diterpa hujan dan angin kencang

"Apabila ada pohon yang sudah lebat, itu mohon untuk dipangkas. Kedua kalau ada pohon yang kelihatan rapuh, sudah tua itu malah diganti dengan pohon yang muda," tuturnya.

Selain itu Agus juga mewanti-wanti warga untuk membersihkan saluran irigasi dan melakukan langkah preventif lainnya khususnya bagi warga yang tinggal daerah rawan bencana. "Warga harus rajin membersihkan saluran di lingkungan masing masing. Sementara menjauhi bantaran sungai. Menjauhi tebing-tebing yang rawan longsor," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement