Advertisement

Sekolah di Jogja Tak Libur saat Akhir Tahun, Ini Gantinya

Yosef Leon
Jum'at, 10 Desember 2021 - 17:17 WIB
Bhekti Suryani
Sekolah di Jogja Tak Libur saat Akhir Tahun, Ini Gantinya Ilustrasi. - ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Jogja menyebut, peniadaan libur akhir tahun di sejumlah jenjang pendidikan akan diganti dengan kegiatan belajar mengajar daring. Hal ini sesuai dengan surat edaran Nomor 29 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Pembelajaran Menjelang Libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Jogja, Budi Santosa Asrori mengatakan, pihaknya telah mengirim surat edaran serupa ke sejumlah sekolah SD dan SMP yang ada di wilayah setempat untuk mengikuti aturan tersebut. Pihaknya berharap agar ketentuan dalam surat edaran bisa diikuti dengan optimal guna mencegah penyebaran Covid-19.

Advertisement

“Harapannya agar murid dan orang tua bisa memahami kondisi ini dan diimbau untuk tidak melakukan perjalanan ke luar daerah apabila tidak ditujukan untuk kebutuhan yang mendesak,” katanya, Jumat (10/12/2021).

BACA JUGA: Kapolri Tempatkan Novel Baswedan Cs di Divisi Pencegahan Korupsi

Budi melanjutkan, tiap-tiap sekolah bisa menyesuaikan dengan berbagai macam kegiatan untuk memaksimalkan pengawasan kepada murid di masa akhir tahun nanti. Misalnya saja dengan penyelenggaraan pembelajaran daring atau tugas pembelajaran khsusus agar murid tetap mendapat alternatif pengganti kegiatan di masa akhir tahun.

Selain itu, guru juga bisa mengisi masa itu dengan kegiatan semacam remidial jika nilai siswa saat penilaian akhir semester belum memenuhi standar kompetensi minimal. Atau bisa pula diisi dengan kegiatan pengayaan materi hingga berbagai kegiatan pembelajaran lainnya untuk penguatan karakter dan pengembangan diri murid.

“Kegiatan lebih banyak dilakukan secara daring. Pembelajaran tatap muka akan dibatasi satu kali pertemuan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Bidik Dugaan Penggelembungan Harga APD Covid-19

News
| Sabtu, 20 April 2024, 14:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement