Advertisement

Alun-Alun Sleman Ditutup saat Malam Tahun Baru untuk Mencegah Kerumunan

Bernadheta Dian Saraswati
Senin, 13 Desember 2021 - 10:27 WIB
Nina Atmasari
Alun-Alun Sleman Ditutup saat Malam Tahun Baru untuk Mencegah Kerumunan Polisi mengatur lalu lintas di kawasan Alun-Alun Sleman di Denggung, belum lama ini - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN-Pemerintah meminta semua alun-alun ditutup pada 31 Desember 2021 sampai 1 Januari 2022. Aturan itu terkait pengetatan libur Natal dan Tahun Baru 2022 yang tertuang dalam Instruksi  Menteri Dalam Negeri No.66/2021.

Menanggapi hal itu, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengatakan akan mengikuti arahan dalam Inmendagri. Menurutnya, dalam menghadapi momentum yang berpotensi menimbulkan kerumunan, harus mengedepankan prinsip kehati-hatian.

"Yang kita upayakan sampai saat ini kerangka besar dan jelas dalam upaya meniadakan kerumunan. Selain dengan pembatasan orang di suatu tempat, tentu keberadaan tempat umum yang berpotensi keramaian juga harus diatur, seperti alun-alun. Dan setiap tahun baru, alun-alun selalu jadi magnet untuk masyarakat berkumpul," kata Kustini, Sabtu (11/12/2021).

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Kustini menegaskan akan menutup alun-alun sesuai dengan aturan yang ada. Langkah itu diambil agar tidak menjadi tempat berkumpulnya orang saat perayaan Tahun Baru.

"Alun-alun Sleman di Denggung, lapangan Pemda termasuk beberapa tempat yang berpotensi keramaian lainnya akan ditutup. Nanti akan diatur dalam Inbup dan akan ada pantauan petugas gabungan untuk memastikan tidak ada kerumunan," kata Kustini.

Penutupan tersebut nantinya hanya dilakukan satu malam saja yakni pada saat pergantian tahun. Meski begitu, tidak ada larangan bagi pedagang kaki lima di kawasan Alun-alun Sleman untuk berjualan di lokasi tersebut.

"Ditutup hanya satu malam saja. Karena hari-hari biasa tidak akan begitu ramai, kecuali saat malam tahun baru. Pedagang yang biasanya berjualan di shelter tetap boleh buka," terang Kustini.

Kustini juga mengimbau agar masyarakat menahan diri untuk tidak keluar rumah pada saat perayaan tahun baru dan tetap mematuhi protokol kesehatan. "Kami imbau agar masyarakat tidak kemana-mana saat malam Tahun Baru. Rayakan malam pergantian tahun baru bersama keluarga saja," tambah Kustini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BPOM Tarik 41 Obat Tradisional dan 16 Kosmetik Mengandung Kimia

News
| Kamis, 06 Oktober 2022, 13:37 WIB

Advertisement

alt

Satu-satunya di Kabupaten Magelang, Wisata Arung Jeram Kali Elo Terus Dikembangkan

Wisata
| Kamis, 06 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement