Puncak Pengunjung Taman Pintar Diprediksi Saat Natal

Spanduk informasi penutupan Tempat Wisata Edukasi Taman Pintar, Kota Jogja, Minggu (4/7/2021). - Harian Jogja/Sunartono.
16 Desember 2021 18:37 WIB Sirojul Khafid Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA–Lonjakan pengunjung tempat wisata di Kota Jogja diperkirakan terjadi saat libur Natal yaitu 24-25 Desember 2021. Salah satunya terjadi di Taman Pintar Jogja.

Menurut Kepala Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Taman Budaya, Dinas Kebudayaan Kota Jogja, Retno Yuliani peningkatan yang cukup siginifikan terjadi menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022.

Peningkatan ini salah satunya berasal dari rombongan sekolah yang sedang berlibur. “Pengunjung di weekdays sekitar 500 orang. Sementara untuk weekend antara 1.000-1.500 orang. Pada hari-hari sebelum pandemi Covid-19 rata-rata 3.000 orang,” kata Retno di Taman Pintar Jogja, Kamis (16/12/2021).

Dalam mengantisipasi libur Nataru, Taman Pintar menerapkan pembatasan serta pengecekan menggunakan aplikasi Peduli Lindungi. Lantaran belum ada aturan khusus untuk Nataru, pembatasan pengunjung masih menggunakan aturan lama atau 75% dari kapasitas total.

“Dilakukan juga pembersihan secara berkala, ada pengaturan keluar masuk. Karena sudah ada rombongan sekolah, kalau di suatu zona sedang padat, petugas akan mengatur agar pengunjung lain menuju zona lain,” kata Retno.

Setelah sebelumnya sempat tutup beberapa bulan, momen ini digunakan pengelola Taman Pintar untuk memaksimalkan pemasukan dari pengunjung yang ramai. Namun mereka berkomitmen menerapkan protokol kesehatan ketat.

“Terlebih sudah ada one gate system, bus wisata yang masuk Jogja sudah skrining dulu, artinya bus yang sudah masuk Jogja sudah lolos cek kesehatan. Tapi kami tetap ada pembatasan, pengecekan, dan sebagainya. Adapun prediksi puncak pengunjung berada pada tanggal 24-25 Desember 2022,” katanya.

Guna mengantisipasi keramaian pengunjung dan menekan persebaran Covid-19, Pemkot Jogja menggelar tes acak swab antigen kepada wisatawan, terutama saat libur Nataru.

Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi mengatakan tempat tes acak ini berada di beberapa tempat yang menjadi pusat keramaian, salah satunya Malioboro.

Tes acak ini berlangsung pada Sabtu dan Minggu. Selain tes acak antigen, akan ada juga juga layanan vaksinasi kepada wisatawan di sekitar Malioboro. Tiap akhir pekan disiapkan 100 dosis vaksin.

"Dua kegiatan tersebut akan kami lakukan saat libur akhir tahun. Dimungkinkan disiapkan dalam jumlah yang sama," kata Heroe yang juga Ketua Harian Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Jogja.