Natal & Tahun Baru, Semua Objek Wisata Bantul Tetap Buka

Pantai Parangtritis di akhir pekan pada Minggu (21/11/2021) - Harian Jogja/Catur Dwi Janati
21 Desember 2021 18:17 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Bupati Bantul Abdul Halim Muslih memastikan semua objek wisata di Bantul tetap buka selama libur Natal dan Tahun Baru 2022 (Nataru)  mendatang. Semua pengelola maupun pengunjung harus tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Kami tidak akan menutup destinasi wsiata selama libur Nataru. Saya berharap pengelola dan stakeholder dapat bersinergi melakukan upaya-upaya pencegahan penularan Covid-19 sehingga roda perekonomian tetap dapat berjalan,” kata Bupati Bantul Abdul Halim Muslih, saat memimpin rapat koordinasi Persiapan Natal dan Tahun Baru di Gedung Induk Parasamya, Kompleks Pemerintahan Kabupaten Bantul, Selasa (21/12/2021).

BACA JUGA: Hampir Rampung, Jalur Pedestrian Jalan Jenderal Sudirman Jogja Sudah Dimanfaatkan Pejalan Kaki

Halim mengatakan meskipun pencegahan penularan dan pemulihan ekonomi adalah dua sisi yang berbeda, hal itu masih dapat disiasati dengan penerapan wisata sehat berdasarkan protokol kesehatan, sehingga pencegahan penularan Covid-19 dan pemulihan ekonomi dapat berjalan beriringan.

Ia meminta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), kapanewon dan kalurahan terus memantau situasi dan kondisi masyarakat di lingkungan masing-masing.

“Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat Bantul dapat merayakan Tahun Baru 2022 secara sederhana dengan keluarga sehingga dapat dijadikan momentum dalam mempererat tali kekeluargaan,” ujar Halim

Halim juga menyampaikan terima kasih kepada segenap jajaran TNI-Polri serta elemen masyarkat lainnya yang telah bersinergi dalam penanganan pandemi serta tidak lelah untuk terus mengedukasi masyarakat demi terwujudnya Bantul yang sehat

Dinas Pariwisata Bantul mencatat kunjungan wisata pekan lalu mengalami peningkatan cukup signifikan dibandingkan dengan pekan sebelumnya.  Salah satu faktornya karena belum adanya aturan khusus soal berwisata.

BACA JUGA: Siap-Siap Macet! Kendaraan Bebas Masuk Malioboro pada Malam Tahun Baru

Kepala Seksi Promosi dan Informasi Dinas Pariwisata Bantul Markus Purnomo Adi mengatakan pada 17 Desember hingga 19 Desember 2021, kunjungan wisata mencapai 35.568 orang. Sementara selama 13-19 Desember 2021 jumlah pengunjung 53.312 orang.

Pantai Parangtritis masih menjadi destinasi favorit wisatawan. “Angka ini naik  14,9 persen dibandingkan minggu sebelumnya,” kata Markus.

Menurut Markus, berdasarkan data selama dua pekan terakhir, terjadi peningkatan kunjungan. Ia  mengatakan ada beberapa faktor yang memengaruhi kenaikan. Masyarakat menganggap pada libur Natal dan Tahun Baru 2022 ada pengetatan atau kenaikan level PPKM serentak sehingga berlibur lebih dulu, meski akhirnya kenaikan level selama Nataru itu dibatalkan oleh Pemerintah Pusat dan pengendalian wisata diserahkan kepada pemerintah daerah masing-masing. Selain itu saat ini sudah masuk libur sekolah.