Libur Tahun Baru, Jalan Parangtritis Diberlakukan Satu Arah

QR code terpasang di TPR Parangtritis, Jumat (7/5/2021). - Harian Jogja/Jumali\\r\\n
25 Desember 2021 16:07 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL-Kepolisian Resor Bantul akan memberlakukan jalan satu arah menuju pantai Parangtritis jika terjadi lonjakan pengunjung atau wisaawan yang menuju kawasan wisata Parangtritis dan sekitarnya pada libur malam Tahun Baru 2022 mendatang.

Kapolres Bantul, AKBP Ihsan mengatakan pemberlakukan jalur satu arah menuju Parangtritis akan diberlakukan di depan Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Parangtritis. Nantinya arus yang akan menuju pantai Depok dialihkan lewat Jalan Parangtritis.

“Jalur yang menuju arah pantai Depok dipergunakan untuk arus balik,” kata Ihsan, Jumat (24/12/2021).

Pihaknya akan memasang pagar atau water barrier di depan TPR Parangtritis khususnya yang menuju arah pantai Depok. Personel Satlantas juga ditempatkan di lokasi tersebut untuk mengatur arus lalu lintas agar lancar.

BACA JUGA: Anggota TNI AD Tabrak Dua Remaja Lalu Membuangnya di Sungai, Jasad Korban Ditemukan di Kali Serayu

Tidak hanya di TPR parangtritis, namun petugas juga akan menjaga beberapa simpang jalan seperti di simpang Parangkusumo agar kendaraan dari pantai Parangtritis tidak masuk ke TPR Induk Parangtritis, namun langsung menuju arah pantai Depok kemudian kembali lagi ke Jalan Parangtritis, “Kami akan menempatkan petugas untuk melakukan pengaturan dan penjagaan,” ujar Ihsan.

Ihsan menegaskan kebijakan satu arah di TPR Induk Parangtitis tersebut sifatnya situasional seperti libur besar tahun-tahun sebelumnya. Pihaknya juga sudah melakukan simulasi terkait penerapan satu jalur tersebut.

Selain menerapkan satu jalur di TPR Parangtritis, kebijakan ganjil genap juga diberlakukan bagi kendaraan wisatawan yang menuju Parangtritis. Nantinya pada libur Tahun Baru 2022 semua hanya kendaraan ganjil yang boleh masuk Parangtritis karena liburnya bertepatan dengan 31 Desember 2021 dan 1 Januari 2022.

Agar wisatawan tidak kecele, kata Ihsan, pihaknya menempatkan sejumlah personel untuk memberitahukan bahwa hanya kendaraan ganjil yang boleh masuk Parangtritis pada malam Tahun Baru 2022. Penempatan petugas dimulai dari simpang tiga Tembi, simpang empat Manding, simpang empat Patalan, simpang empat Parker, dan terakhir di simpang tiga Ngangkruk.

“sejak simpang Tembi kita jejerkan anggota untuk memberikan imbauan bahwa hari ini [malam Tahun Baru 2022 ini] adalah khusus kendaraan brplat nomor ganjil,” kata Ihsan. Sementara bagi kendaraan berplat nomor genap akan diarahkan menuju pantai Samas sampai barat.

“Simpang empat Pos Ngangkruk merupakan penyekatan terakhir dengan sitem kendaraan dengan plat nomor ganjil bisa lurus menuju Parangtritis, kendaraan berplat nomor geap belok kanan menuju pantai Samas,” imbuh Kapolres.