Advertisement

Begini Strategi Sultan Antisipasi Kerumunan saat Malam Tahun Baru

Sunartono
Senin, 27 Desember 2021 - 20:07 WIB
Bhekti Suryani
Begini Strategi Sultan Antisipasi Kerumunan saat Malam Tahun Baru Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X. - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--DIY berupaya mengantisipasi kemungkinan terjadinya kerumunan saat malam pergantian tahun untuk mencegah lonjakan kasus Covid-19.

Gubernur DIY Sri Sultan HB X menjelaskan dalam rapat koordinasi dengan Pemerintah Pusat mengingatkan agar daerah siap dalam menghadapi libur Nataru. Terutama dalam mengantisipasi terjadinya kerumunan.

Advertisement

“Siap dalam arti, bagaimana [langkahnya] karena akan banyak dikunjungi orang, bagaimana masalah kerumunan, kemungkinan [antisipasi] rumah sakit, oksigen. Bagaimana ini bisa dikoordinasikan dengan baik antara provinsi kabupaten kota, prinsipnya itu saja,” katanya di Kepatihan, Senin (27/12/2021).

BACA JUGA: Cara Punya Rumah Sendiri lewat Program Tapera

HB X menambahkan DIY akan melakukan berbagai langkah antisipasi. Dalam beberapa hari ini akan melakukan koordinasi dengan kabupaten dan kota. “Nanti kita ingatkan, mungkin satu dua hari ini kita bertemu dengan kabupaten kota dengan harapan mengingatkan bagaimana mengatur. Karena ini tempat wisata dan kerumunan seperti Malioboro dan sebagainya semoga enggak terjadi hal-hal [menimbulkan kerumunan],” ucapnya.

Selama libur Natal beberapa hari terakhir kepadatan memang sudah terjadi di Kota Jogja terutama kawasan Malioboro. Jika terjadi kenaikan tidak sepenuhnya disebabkan karena hal tersebut, karena bisa jadi ada klaster tertentu.

Akan tetapi Sultan berusaha untuk mencari penyebabnya jika terjadi kenaikan kasus Covid-19 dalam jumlah kecil sekalipun. “[Malioboro] memang betul [sudah padat], tetapi kalau kita melihatnya, kira-kira setiap hari kasusnya naik terus atau naik terus turun, kalau naik turun mungkin ada klaster ada kenaikan, kenapa naik. Naik 7 orang pun saya tadi pagi tanyakan kenapa [naik], kita lihat hari ini nanti naik lagi atau malah turun, karena setiap kenaikan dan kesembuhan perimbangannya harus ada,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 5 hours ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cabuli Santri, Pengasuh Pesantren Divonis 15 Tahun Penjara dan Denda Rp1 Miliar

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement