Advertisement

Paguyuban Ismaya Dorong Danais Tersebar Merata di Seluruh DIY

Yudhi Kusdiyanto
Senin, 27 Desember 2021 - 21:27 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Paguyuban Ismaya Dorong Danais Tersebar Merata di Seluruh DIY Paguyuban Ismaya saat menggelar acara Temu Kangen Pejuang Keistimewaan DIY, belum lama ini. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Setelah lama vakum, lurah dan pamong kalurahan se-DIY yang tergabung dalam Paguyuban Ismaya kembali bertemu dalam acara Temu Kangen Pejuang Keistimewaan DIY. Agenda ini diawali dengan bakti sosial pembagian sembako di Aula Kantor Kalurahan Banguntapan, Bantul, Kamis (23/12/2021).

Dalam pertemuan yang digelar, Ismaya memberikan masukan terhadap pelaksanaan Keistimewaan DIY yang sudah berjalan sembilan tahun setelah disahkannya Undang-Undang No.13/2012 tentang Keistimewaan DIY. Apalagi, Ismaya menjadi salah satu yang mengawal keistimewaan sejak awal.

Advertisement

Ketua Paguyuban Ismaya, Bibit Rustamta menuturkan salah satu tujuan keistimewaan DIY adalah demokratisasi di tingkat desa. Sebagai salah satu pejuang keistimewaan, lurah dan pamong ingin lebih dilibatkan dalam pengambilan kebijakan, terutama dalam hal Keistimewaan DIY. ”Harapannya Ismaya bisa menyampaikan informasi dan aspirasi dari bawah,” ujarnya seperti dalam rilis yang diterima Harian Jogja, Senin (27/12/2021).

Paniradya Pati Paniradya Kaistimewan DIY, Aris Eko Nugroho mengatakan pemanfaatan dana keistimewaan (Danais) saat ini berbasiskan proposal yang ditujukan kepada organisasi perangkat daerah (OPD) terkait di Pemda DIY. Aris mendukung sepenuhnya Ismaya yang menginginkan Danais tersebar merata ke seluruh kalurahan di DIY.

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih mengatakan keinginan Ismaya untuk menjaga keistimewaan dan melestarikan kebudayaan di DIY merupakan niat yang harus diapresiasi, sebagai bentuk tanggung. Pemkab Bantul pun siap berkolaborasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Setelah Lima Hari, 2 Wisatawan yang Berenang di Zona Hahaya Pangandaran Ditemukan Tewas

News
| Rabu, 24 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement