Santri Anak di Kulonprogo Diduga Jadi Korban Pelecehan Seksual oleh Kiai Pengasuh Ponpes

Ilustrasi. - Freepik
27 Desember 2021 19:27 WIB Hafit Yudi Suprobo Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO--Kasus pelecehan seksual diduga terjadi di sebuah pondok pesantren (ponpes) di Kapanewon Sentolo, Kulonprogo. Korban merupakan santriwati dan telah melaporkan terduga pelaku berinisial S yang merupakan pengasuh ponpes ke Polsek Sentolo, pada Senin (27/12/2021).

Orang tua korban berinisial MDZ, warga Kecamatan Tegalrejo, Jogja, mengatakan kasus pelecehan seksual yang dialami anaknya dilaporkan ke Polsek Sentolo.

"Saya sebagai orang tua ke sini [Polsek Sentolo] untuk mencari keadilan anak saya yang telah dilecehkan oleh pak kiai," kata MDZsaat dikonfirmasi di Polsek Sentolo pada Senin (27/12/2021).

Dikatakan MDZ, putrinya yang berinisial AS, 15, menjadi korban pelecehan seksual yang diduga dilakukan oleh pengasuh ponpes. Bentuk pelecehan seksual yang dilakukan oleh tersugat pelaku adalah dengan menyentuh bagian vital korban seperti payudara dan kerap meminta pijat.

"Anak saya kerap di WhatsApp dari pak kiai. Sering diminta untuk memijat sembari dipegang alat vitalnya seperti payudara," terang MDZ.

Lebih lanjut, AS sendiri diketahui sudah menjadi santriwati di ponpes tersebut sejak awal 2021. Aksi asusila yang dilakukan oleh pengasuh ponpes kepada anaknya diketahui sudah berulang kali.

"Awal mula diketahui aksi pelecehan seksual yang dialami anak saya karena dia curhat ke temannya. Anak saya juga curhat kepada lurah ponpes. Akhirnya, anak saya diantar ke rumah untuk bercerita apa yang dialaminya," sambung MDZ.

BACA JUGA: Tawuran Pecah di Jalan Kaliurang, Satu Korban Dibacok

Sementara itu, Kapolsek Sentolo, Kompol Ngadiran, membenarkan aksi pelecehan seksual yang diduga dilakukan oleh pengasuh ponpes yang berada di wilayah kapanewon Sentolo, Kulonprogo. Kasus pelecehan seksual tersebut sudah dilimpahkan ke Polres Kulonprogo untuk dilakukan penyelidikan.

"Laporan sudah kami terima terkait dengan pencabulan anak. Saat ini kasus tersebut sudah dilimpahkan ke Polres Kulonprogo. Aksi dugaan pelecehan seksual terjadi di sebuah ponpes yang berada di kapanewon Sentolo, Kulonprogo," terang Ngadiran.