Advertisement

Ingin Rayakan Malam Tahun Baru, Ini Update Terbaru Kondisi Erupsi Merapi

Newswire
Kamis, 30 Desember 2021 - 18:27 WIB
Bhekti Suryani
Ingin Rayakan Malam Tahun Baru, Ini Update Terbaru Kondisi Erupsi Merapi Tangkapan layar terjadinya awan panas di lereng Barat Gunung Merapi, Senin (6/12/2021) - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Kondisi Gunung Merapi di perbatasan DIY dan Jawa Tengah masih terus bergejolak hingga saat ini.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) mencatat aktivitas vulkanis Gunung Merapi sepanjang pagi hingga siang ini cukup tinggi.

Advertisement

Tercatat terjadi guguran lava tiga kali dengan jarak luncur maksimal 1.300 meter ke arah barat daya atau ke Kali Bebeng. “Dalam pengamatan periode 06.00 WIB-12.00 WIB teramati guguran lava tiga kali dengan jarak luncur maksimal 1.300 meter ke arah Kali Bebeng,” kata Kepala BPPTKG Hanik Humaida, Kamis (30/12/2021).

Secara pengamatan meteorologi, cuaca cukup cerah berawan dan mendung. Angin bertiup lemah hingga sedang ke arah timur dan barat. Sedangkan suhu udara 21-29 derajat Celsius, kelembaban udara 75-87 persen, dan tekanan udara 567-717 mmHg. Gunung teramati jelas dengan kabut antara 0-I sampai 0-III. Asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna putih dengan intensitas sedang hingga tebal dan tinggi 20-100 meter di atas puncak kawah.

Sedangkan untuk gempa guguran terjadi 40 kali dengan amplitudo 3-33 mm, durasi 17-136 detik. Sedangkan gempa embusan tercatat satu kali dengan amplitudo 3 mm durasi 20 detik. Untuk gempa hybrid atau fase banyak terjadi dua kali dengan amplitudo 2-5 mm, S_P : 0,3-0,4 detik dengan durasu 56 detik. “Gunung Merapi masih berada pada level III atau siaga,” katanya.

BACA JUGA: Sultan Sebut Klithih Ganggu Pariwisata Jogja

BPPTKG sudah mengeluarkan rekomendasi Potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas pada sektor tenggara-barat daya sejauh maksimal 3 km ke arah Sungai Woro dan sejauh 5 km ke arah sungai Gendol, Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih. Sedangkan lontaran material vulkanik bila terjadi erupsi eksplosif dapat menjangkau radius 3 km dari puncak.

Artikel ini telah tayang di yogya.inews.id dengan judul "Sepanjang Siang ini, Gunung Merapi Luncurkan 3 Kali Guguran Lava Sejauh 1,3 Kilomter".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : iNews.id

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Tetapkan 5 Tersangka Baru Kasus Korupsi Timah, Bos Maskapai Penerbangan Terlibat

News
| Sabtu, 27 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement