Advertisement

Gerai Vaksin Parangtritis Diserbu Ratusan Pengunjung Setiap Hari

Catur Dwi Janati
Sabtu, 01 Januari 2022 - 18:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Gerai Vaksin Parangtritis Diserbu Ratusan Pengunjung Setiap Hari Warga melakukan vaksinasi di gerai vaksin pos pengamanan depan TPR Parangtritis pada Kamis (31/12/2021) malam. - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL-Demi memproteksi kesehatan para wisatawan di kawasan Pantai Parangtritis, Polres Bantul mendirikan posko gerai vaksin di depan Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Parangtritis. Tidak hanya para wisatawan, warga sekitar pun turut memanfaatkan keberadaan gerai vaksin milik Polres Bantul ini.

Kapolres Bantul, AKBP Ihsan menjelaskan gerai vaksin merupakan inovasi Polres Bantul sesuai dengan tema operasi lilin tahun ini. Yang mana tema operasi tahun ini tidak hanya menekankan tertib berkendara namun juga taat protokol kesehatan.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

"Bagaimana masyarakat tertib berlalu lintas juga tertib menaati protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Sehingga kami berinisiasi untuk membangun gerai vaksin, khususnya di TPR Parangtritis" tutur Ihsan pada Kamis (31/12/2021) malam di TPR Parangtritis.

Selain mampu membentengi para wisatawan melalui vaksinasi yang disediakan, keberadaan gerai vaksin juga menjadi langkah percepatan vaksinasi di akhir tahun 2021 dan awal 2022. "Harapannya masyarakat yang belum vaksin, kita persilakan, ayo vaksin di sini gratis. Dan ini kita siapkan 24 jam," ujarnya.

"Mungkin ini satu-satunya di Bantul, satu-satunya di Jogja yang ada gerai vaksin di pos pengamanan," tandasnya.

Baca juga: Epidemiolog: Indonesia Mulai Masuk Fase Endemi pada 2022

Dibuka sejak 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022, Ihsan menjelaskan bila rata-rata jumlah masyarakat yang divaksin di gerai vaksin mencapai 100 orang per hari. Beberapa warga yang menjalani vaksin tersebut di antaranya merupakan anak-anak. "Kebetulan kan yang berwisata juga banyak anak-anak biasanya. Kita tawarkan sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat," tutur Ihsan.

"Vaksin anak-anak juga kita siapkan, Sinovac, umur enam sampai sebelas tahun dan animonya cukup luar biasa. Baik dari masyarakat luar Bantul maupun Bantul itu sendiri," ungkapnya.

Advertisement

Wisatawan luar daerah yang baru melakukan vaksinasi dosis satu di gerai vaksin, bisa melakukan vaksinasi tahap kedua di daerah masing-masing nantinya. Sementara untuk warga Bantul yang baru melaksanakan dosis satu di gerai vaksin, diarahkan untuk melakukan injeksi vaksin dosis dua di Polres Bantul.

"Ini kita siapkan kepada masyarakat. Masyarakat tetap bisa berwisata, tentunya dengan tetap menjaga protokol. Dan tentunya sehat dengan vaksin di sini. Jadi ayo yang mau vaksin silahkan manfaatkan gerai vaksin pospam Parangtritis," tukasnya.

Salah satu warga yang melakukan vaksinasi di gerai vaksin TPR Parangtritis adalah Anggara. Meskipun berdomisili tak jauh dari lokasi vaksin, Anggara sangat terbantu dengan adanya gerai vaksin yang buka hingga malam ini.

Advertisement

"Bagus [ada gerai vaksin], soalnya masyarakat bisa lebih tahu kalau di sini ada vaksinasi. Lebih cepat, lebih praktis," ujarnya.

Pasalnya bila harus di Puskesmas atau rumah sakit sementara pagi hingga sore kerja, Anggara tak bisa melakukan vaksinasi karena keterbatasan waktu. "Waktunya enggak nyampai, lebih praktis. Sengaja datang kesini, enak antrenya enggak begitu banyak," tandasnya.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Target Pendapatan Daerah Kabupaten Magelang 2023 Disepakati Rp2,4 Triliun

News
| Kamis, 01 Desember 2022, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Masangin Alkid, Tembus Dua Beringin Bakal Bernasib Mujur

Wisata
| Selasa, 29 November 2022, 15:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement