Advertisement

Lahan Eks Bioskop Widya Akan Dipakai untuk Bangun Puskesmas Gondomanan

Sirojul Khafid
Sabtu, 08 Januari 2022 - 06:27 WIB
Budi Cahyana
Lahan Eks Bioskop Widya Akan Dipakai untuk Bangun Puskesmas Gondomanan Ilustrasi fasilitas kesehatan - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kota Jogja menyiapkan lahan untuk pembangunan Puskesmas Gondomanan. Lokasinya berada di bekas lahan Bioskop Widya di Jalan Ibu Ruswo Prawirodirjan, Gondomanan, Jogja.

Menurut Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kota Jogja, Wahyu Handoyo, pembelian lahan untuk puskesmas ini menggunakan perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Jogja 2021. "Nilai lahan calon Puskesmas Gondomanan senilai Rp27 miliar," kata Wahyu, Jumat (7/1/2021).

Selain lahan calon puskesmas, tahun lalu ada dua pembelian lahan lain dari Pemkot Jogja untuk Ruang Terbuka Hidup Publik (RTHP) di Prenggan dan Wirobrajan. Total nilai lahan ketiganya sebesar Rp32 miliar.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

"Yang paling tinggi lahan calon Puskesmas Gondomanan, dari sisi keluasan, posisi, lokasi, dan semuanya," kata Wahyu.

Menjelang 2022, masih ada 80 proposal pembelian lahan di Kota Jogja dari berbagai wilayah. Lahan ini diajukan wilayah untuk pembuatan fasilitas umum seperti RTHP, Balai Rukun Warga, dan sebagainya.

Dari banyak proposal ini akan dipilih dan dipilah yang paling mendesak kebutuhannya. Selain itu, ada pula pertimbangan standar lahan yang diajukan. Sesuai ketentuan, lahan yang bisa dimanfaatkan setidaknya berluas 300 meter persegi.

"Rata-rata misal 300 meter sudah leluasa, semisal dibuat RTHP atau lainnya. Namun tantangannya mencari lahan di Kota Jogja sudah susah, kadang ada yang luas sekali, kadang kecil sekali. Itu kan kami lebih ke asas pemanfatannya," kata Wahyu.

"Kami prioritaskan yang paling penting dulu, karena nilai harga lahannya tinggi, meski bukan dekat jalan protokol, nilai tanah memang sangat tinggi di Jogja."

Meski sudah banyak proposal pembelian tanah yang masuk, belum ada porsi anggaran untuk itu di APBD 2022. Wahyu berharap akan ada porsi anggaran saat nantinya ada perubahan atau penyesuaian APBD 2022. 

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BPOM Tarik 41 Obat Tradisional dan 16 Kosmetik Mengandung Kimia

News
| Kamis, 06 Oktober 2022, 13:37 WIB

Advertisement

alt

Satu-satunya di Kabupaten Magelang, Wisata Arung Jeram Kali Elo Terus Dikembangkan

Wisata
| Kamis, 06 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement