Advertisement

Perkembangan Terbaru Tol Jogja-Bawen: Peletakan Baru Pertama Segera Dilaksanakan

Abdul Hamied Razak
Minggu, 09 Januari 2022 - 20:27 WIB
Budi Cahyana
Perkembangan Terbaru Tol Jogja-Bawen: Peletakan Baru Pertama Segera Dilaksanakan Ilustrasi jalan tol. - JIBI/Bisnis.com/Himawan L Nugraha

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pembangunan Tol Jogja-Bawen terus menunjukkan perkembangan baru yang signifikan. Rencana groundbreaking (peletakan batu pertama) proyek tol yang akan menyambung dengan Tol Jogja-Solo tersebut tinggal menunggu finalisasi rancangan teknis akhir (RTA). Sembari menunggu RTA selesai, proses pembebasan lahan tol terus dilakukan.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Satker Pelaksanaan Jalan Bebas Hambatan (PBJH) Jogja-Solo dan Jogja-Bawen Wijayanto mengatakan Akhir tahun lalu, finalisasi RTA masih dibahas. Target groundbreking awal tahun ini.

Advertisement

BACA JUGA: Pemkot Tertibkan Skuter di Sepanjang Malioboro & Tugu Jogja

"Desember lalu masih ada perbaikan RTA. Hasilnya bagaimana dan perkembangannya hingga kini kami belum mendapatkan update-nya. Kalau tidak bisa bulan ini, ya bulan depan," kata Wijayanto, Minggu (9/1/2021).

Sembari menunggu penyelesaian RTA, katanya, pembebasan lahan untuk kebutuhan jalan tol Jogja Bawen terus dikebut. Pekan ini, pihaknya membayar uang ganti kerugian (UGK) untuk warga Kalurahan Margokaton (Godean) yang terdampak. Pekan selanjutnya, giliran warga Banyurejo (Tempel) yang menerima UGK.

"Margokaton 220 bidang sekitar Rp100-an miliar dan Banyurejo sekitar Rp100-an miliar juga," katanya.

Hingga akhir Januari, lanjut Wijayanto, sebanyak 90% lahan warga untuk pembangunan Tol Jogja-Bawen yang masuk wilayah DIY sudah dibebaskan. Sementara sisanya adalah lahan khusus yangproses pembayannya dibedakan. Itu meliputi tanah wakaf, instansi dan tanah kas desa.

"Jumlah bidangnya tidak terlalu banyak, sekitar 60-an bidang. Tapi nilainya juga lumayan. Target kami tetap tahun ini dibebaskan," katanya.

BACA JUGA: Perangkat Lampu Bangjo di Wirosaban Jogja Dicuri Orang

Terpisah, PGS Direktur Utama Oemi Vierta Moerdika menjelaskan PT JJB berkomitmen melaksanakan target konstruksi seksi 1 Tol Jogja-Bawen ruas Jogja-SS Banyurejo pada awal 2022. Saat ini PT JJB sedang melakukan proses kualifikasi tender yang diharapkan dapat beriringan dengan persetujuan desain oleh Dirjen Bina Marga.

"Dari hasil rapat pleno akhir tahun lalu, terdapat beberapa hal yang perlu dilengkapi untuk finalisasi gambar desain serta berita acara RTA dan ditargetkan dapat selesai pada minggu ke I Bulan Januari 2022," katanya melalui keterangan persnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement