Perkembangan Terbaru Tol Jogja-Bawen: Peletakan Baru Pertama Segera Dilaksanakan

Ilustrasi jalan tol. - JIBI/Bisnis.com/Himawan L Nugraha
09 Januari 2022 20:27 WIB Abdul Hamied Razak Jogja Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Pembangunan Tol Jogja-Bawen terus menunjukkan perkembangan baru yang signifikan. Rencana groundbreaking (peletakan batu pertama) proyek tol yang akan menyambung dengan Tol Jogja-Solo tersebut tinggal menunggu finalisasi rancangan teknis akhir (RTA). Sembari menunggu RTA selesai, proses pembebasan lahan tol terus dilakukan.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Satker Pelaksanaan Jalan Bebas Hambatan (PBJH) Jogja-Solo dan Jogja-Bawen Wijayanto mengatakan Akhir tahun lalu, finalisasi RTA masih dibahas. Target groundbreking awal tahun ini.

BACA JUGA: Pemkot Tertibkan Skuter di Sepanjang Malioboro & Tugu Jogja

"Desember lalu masih ada perbaikan RTA. Hasilnya bagaimana dan perkembangannya hingga kini kami belum mendapatkan update-nya. Kalau tidak bisa bulan ini, ya bulan depan," kata Wijayanto, Minggu (9/1/2021).

Sembari menunggu penyelesaian RTA, katanya, pembebasan lahan untuk kebutuhan jalan tol Jogja Bawen terus dikebut. Pekan ini, pihaknya membayar uang ganti kerugian (UGK) untuk warga Kalurahan Margokaton (Godean) yang terdampak. Pekan selanjutnya, giliran warga Banyurejo (Tempel) yang menerima UGK.

"Margokaton 220 bidang sekitar Rp100-an miliar dan Banyurejo sekitar Rp100-an miliar juga," katanya.

Hingga akhir Januari, lanjut Wijayanto, sebanyak 90% lahan warga untuk pembangunan Tol Jogja-Bawen yang masuk wilayah DIY sudah dibebaskan. Sementara sisanya adalah lahan khusus yangproses pembayannya dibedakan. Itu meliputi tanah wakaf, instansi dan tanah kas desa.

"Jumlah bidangnya tidak terlalu banyak, sekitar 60-an bidang. Tapi nilainya juga lumayan. Target kami tetap tahun ini dibebaskan," katanya.

BACA JUGA: Perangkat Lampu Bangjo di Wirosaban Jogja Dicuri Orang

Terpisah, PGS Direktur Utama Oemi Vierta Moerdika menjelaskan PT JJB berkomitmen melaksanakan target konstruksi seksi 1 Tol Jogja-Bawen ruas Jogja-SS Banyurejo pada awal 2022. Saat ini PT JJB sedang melakukan proses kualifikasi tender yang diharapkan dapat beriringan dengan persetujuan desain oleh Dirjen Bina Marga.

"Dari hasil rapat pleno akhir tahun lalu, terdapat beberapa hal yang perlu dilengkapi untuk finalisasi gambar desain serta berita acara RTA dan ditargetkan dapat selesai pada minggu ke I Bulan Januari 2022," katanya melalui keterangan persnya.