Jenis Bahan Kemeja Koko yang Nyaman untuk Aktivitas Seharian

Ilustrasi baju koko - Freepik
10 Januari 2022 19:37 WIB Media Digital Jogja Share :

Meskipun masih dalam situasi pandemi, akan tetapi saat ini sudah banyak kegiatan yang bisa dilakukan di luar rumah. Hal tersebut tentunya menjadi kabar baik bagi kita semua yang sebelumnya terpaksa harus melakukan berbagai kegiatan secara online, seperti kegiatan belajar dan bekerja. Selain perkantoran dan sekolah, berbagai fasilitas umum dan tempat wisata kini juga sudah dibuka kembali.
Bagi para pria, memilih pakaian yang tepat sangat penting agar dapat bergerak dengan leluasa saat berkegiatan di luar rumah. Jika Anda bosan dengan kemeja biasa, Anda bisa mencoba menggunakan kemeja koko sebagai outfit harian Anda.

Pada dasarnya, model kemeja koko ini bisa dipakai oleh siapa saja. Dewasa ini, kemeja koko juga memiliki banyak model, warna, dan bahan yang menarik dan nyaman saat dikenakan. Penggunaan kemeja koko untuk bekerja atau kuliah juga membuat penampilan Anda terlihat formal, rapi, dan lebih berwibawa.

Ada beberapa jenis bahan yang digunakan untuk membuat kemeja koko, berikut penjelasannya!

Bahan Katun
Jenis bahan yang paling sering digunakan untuk membuat kemeja adalah bahan katun. Bahan katun dikenal memiliki efektivitas yang baik dalam menyerap keringat, sehingga bahan ini sangat cocok digunakan bagi Anda yang memiliki mobilitas yang cukup tinggi di luar rumah. Bahan katun juga halus dan lembut serta tidak menimbulkan alergi, sehingga nyaman dikenakan. Bahan katun juga terasa adem saat dipakai, sehingga cocok digunakan saat cuaca sedang panas. Ada beberapa jenis kain katun, salah satunya adalah bahan katun yang terlihat mengkilap sehingga memberikan kesan yang elegan.

Bahan Oxford
Jenis bahan lainnya yang sering digunakan untuk membuat kemeja koko adalah bahan oxford. Bahan kain oxford terasa halus dan lembut di kulit sehingga nyaman saat dikenakan. Jenis bahan ini cocok digunakan ketika cuaca panas karena tidak gerah dan mudah menyerap keringat. Kain oxford juga tidak transparan dan tidak menerawang. Harga jual kain oxford juga cukup terjangkau, sehingga Anda juga bisa menjahit kemeja koko Anda sendiri.

Bahan Linen
Jenis bahan selanjutnya adalah bahan linen yang juga banyak digunakan untuk membuat kemeja koko. Bahan linen lebih kuat dibandingkan jenis bahan lain karena mempunyai serat yang lebih tebal. Kain linen juga cocok digunakan di berbagai cuaca karena mudah menyerap keringat dan tidak gerah saat dipakai. Selain itu, bahan linen juga lembut dan halus sehingga nyaman saat dikenakan. Kemeja berbahan kain linen akan mudah dikenali karena serat kainnya terlihat cukup jelas.

Bahan Drill
Jenis bahan berikutnya yang banyak digunakan untuk kemeja koko adalah bahan kain drill. Kain drill mempunyai tekstur yang khas, sehingga kemeja koko berbahan kain drill ini terlihat mempunyai tekstur kain diagonal atau menyilang. Bahan drill mempunyai beberapa jenis ketebalan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Oleh karenanya, bahan drill bisa digunakan juga untuk membuat seragam sekolah. Bahan drill memiliki serat yang sangat baik sehingga tidak mudah sobek, hal inilah yang membuat kain drill banyak dipilih sebagai kemeja kerja. Kelebihan lain yang dimiliki yaitu bahan drill terasa adem dan mudah menyerap keringat sehingga nyaman saat dikenakan.

Bahan Chambray
Jenis bahan lainnya yang biasa digunakan untuk membuat kemeja koko adalah bahan chambray. Bahan chambray memiliki tampilan yang simpel dan terlihat elegan. Bahan chambray cocok digunakan saat cuaca panas karena memiliki sifat bahan yang adem dan lembut sehingga nyaman dipakai. Bagi Anda yang ingin tampil kasual, bahan chambray ini juga bisa dikombinasikan dengan celana jeans atau outer tambahan, syal, dan sepatu boots.

Bahan Rayon
Jeni bahan terakhir yang sering digunakan untuk membuat kemeja koko adalah bahan rayon. Jenis bahan ini memiliki tekstur yang halus, lembut, dan nyaman dikenakan. Bahan rayon mempunyai daya serap yang tinggi sehingga nyaman digunakan bagi Anda yang memiliki mobilitas yang tinggi. Selain itu, bahan rayon juga memiliki tekstur yang mirip seperti sutra sehingga terlihat mewah.

Itulah beberapa jenis bahan yang biasa digunakan untuk membuat kemeja koko. Bahan-bahan tersebut cocok untuk dikenakan dalam rutinitas sehari-hari karena adem, tidak menerawang, kuat, dan mudah menyerap keringat. Anda bisa mencari dan menemukan kemeja koko berbagai bahan melalui Blibli. Anda bisa mendapatkan berbagai promo yang menarik dan tersedia berbagai metode pembayaran yang mudah dan aman. Yuk kunjungi aplikasi Blibli segera dan pesan kemeja kokonya ya! (**)