Varian Omicron Mengganas di DKI Jakarta, DIY Bersiap

Ilustrasi. - Freepik
11 Januari 2022 20:37 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--DIY siap mengantisipasi kemungkinan adanya varian Omicron seiring meningkatnya kasus di DKI Jakarta . Pelacakan dilakukan secara maksimal agar jika ditemukan dapat diredam penyebarannya.

Sebagaimana diketahui kasus aktif Omicron di ibu kota mencapai 2.000 warga. Kondisi ini dikhawatirkan menyebar ke daerah seperti DIY.

Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji menyatakan DIY tak berhenti untuk mencegah masuknya omicron. Salah satunya melalui skrining yang dilakukan secara ketat. Akantetapi, Aji menilai skrining Omicron ini sangat berbeda dibandingkan varian delta. Mengingat penularan omicron lebih didominasi tanpa gejala sehingga deteksi hanya bisa dilakukan lebih intens pada pelaku perjalanan atau pihak yang melakukan testing seperti PCR dan antigen.

"Kadang tahunya kena [varian omicron] karena pelaku perjalanan, dia tidak memiliki gejala. Ini yang memang agak berat. Tetapi para petugas kesehatan, kami yakin lebih jeli dalam melakukan skrining," katanya di Kompleks Kepatihan, Selasa (11/1/2022).

BACA JUGA: Kasus Covid-9 RI Melonjak, Hari Ini Tembus 803 Orang

Aji meminta kepada masyarakat yang merasakan tidak enak badan atau memiliki gejala Covid-19 disarankan untuk tes antigen. Melalui proses deteksi ini jika warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 dengan CT Value di bawah 30 akan langsung diambil sampel kemudian diperiksa dengan Whole Genom Sequencing.

"Hasil dari sampel, prosesnya sekitar dua pekan baru diketahui hasilnya," katanya.

Ia memastikan rumah sakit tetap dipersiapkan untuk mengantisipasi kemungkinan adanya lonjakan kasus Covid-19 akibat varian Omicron. Meski pun ada banyak bed yang sudah disteirilisasi untuk pasien umum, tetapi sewaktu-waktu bisa kembali ke bed Covid-19 jika dibutuhkan.

"Begitu juga dengan tempat isolasi terpadu, jika dibutuhkan sewaktu-waktu akan bisa langsung difungsikan kembali. Personel masih ada dan siap sewaktu-waktu," ucapnya.