Advertisement

Kabar Terbaru Tol Jogja-YIA: Pembebasan Lahan Pertengahan 2022

Sunartono
Jum'at, 21 Januari 2022 - 10:47 WIB
Budi Cahyana
Kabar Terbaru Tol Jogja-YIA: Pembebasan Lahan Pertengahan 2022 Ilustrasi jalan tol. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pembebasan lahan Tol Jogja-Bandara YIA diperkirakan akan dimulai pada pertengahan tahun 2022. Namun, hingga pertengahan Januari ini pengajuan izin penetapan lokasi (IPL) jalan tol belum diajukan ke Gubernur DIY.

PPK Satker Pelaksanaan Jalan Bebas Hambatan (PJBH) Tol Jogja-YIA dan Jogja-Solo Dian Ardiansyah menjelaskan penetapan lokasi untuk Tol Jogja-YIA dengan panjang 38 kilometer masih diproses di Kementerian PUPR. Sampai saat ini IPL belum diserahkan ke Gubernur DIY. Harapannya dokumen perencanaan pengadaan tanah (DPPT) serta desain tol yang menjadi lampiran di IPL bisa segera diserahkan ke Gubernur DIY.

Advertisement

BACA JUGA: Tol Jogja Bawen Dibangun Agustus 2022, Tol Jogja Solo Diresmikan 17 Agustus 2023

“Semoga dalam waktu yang tidak lama, bisa segera melakukan konsultasi publik,” katanya melalui sambungan telepon, Kamis (20/1/2022).

Ia mengatakan trase Tol Jogja-YIA sempat mengalami persoalan. Akan tetapi, saat ini trase tersebut sudah disetujui bersama antara Pemerintah Pusat dan Pemda DIY meski desainnya belum final. Desain tol ini masih dalam proses penyelesaian. Perkiraannya DPPT Tol Jogja-YIA akan diajukan ke Gubernur pada Februari 2022 mendatang.

"Sebenarnya dokumen perencanaan ini pernah kami sampaikan ke Pemda DIY sekitar tahun 2020. Cuma waktu itu yang seksi III ini ada revisi. Revisi itu menyangkut trase  tetapi detailnya saya belum mendapatkan. Saat ini yang akan disampaikan ke Gubernur DIY setelah direvisi itu," ujarnya.

Konsultasi publik akan dilakukan setelah dokumen perencanaan tol ini sudah diserahkan ke Pemda DIY. "Dokumen ini ketika sudah disetuju PUPR diserahkan ke Pemda. Lalu Pemda menilai kalau sudah oke, baru kita lanjutkan untuk konsultasi publik,"  ucapnya.

BACA JUGA: IPL Tak Kunjung Keluar, Bagaimana Nasib Tol Jogja-YIA?

Pembebasan lahan Tol Jogja-YIA direncanakan sudah mulai pada pertengahan 2022. Pemerintah sudah menyiapkan anggaran untuk pembebasan lahan. Lantaran proyek tersebut termasuk multiyears, belum diketahui jumlah anggaran secara pasti. Ia memperkirakan nominal pasti untuk pembebasan lahan baru didapatkan pada April 2022 mendatang.

Ia belum menargetkan pembebasan lahan dalam jumlah banyak karena kemungkinan pembebasan baru dimulai pada pertengahan tahun ini atau Agustus atau September 2022. Dia memastikan junction tol di wilayah Tirtoadi, Sleman menjadi titik pertama pembebasan lahan Tol Jogja-YIA.

"Untuk permulaan seksi III ini kami belum mengajukan anggaran banyak  tetapi jumlah pastinya kami belum tahu. Kemungkinan April baru bisa kita lihat ada berapa anggaran," ucapnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Setelah Lima Hari, 2 Wisatawan yang Berenang di Zona Hahaya Pangandaran Ditemukan Tewas

News
| Rabu, 24 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement