Advertisement

Sleman Punya Sunmor Baru, di Sini Tempatnya

Abdul Hamied Razak
Minggu, 23 Januari 2022 - 20:47 WIB
Budi Cahyana
Sleman Punya Sunmor Baru, di Sini Tempatnya Sunday Morning (Sunmor) di Kalurahan Sendangadi, Kapanewon Mlati, Sleman. - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Kalurahan Sendangadi, Kapanewon Mlati, Sleman, menggelar kegiatan Sunday Morning (Sunmor) yang akan diadakan rutin setiap Minggu di Lapangan Sendangadi.

Ketua Pelaksana Sunmor Sendangadi Jami Hermanto mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk menggerakkan kembali perekonomian masyarakat yang sudah lama terhenti akibat pandemi Covid-19. Forkom UMKM Sendangadi pun menggelar Sunmor Ngawiji.

Advertisement

BACA JUGA: Ayam Tiren di Bantul Dijual ke Sejumlah Pasar Tradisional di Jogja, Ini Lokasinya

Kegiatan tersebut diikuti lebih dari 96 stan, baik produk kuliner, kerajinan, fesyen, serta tanaman. Semua peserta merupakan anggota UMKM dari ratusan anggota yang sudah terdaftar dalam Forkom UMKM. "Kegiatan ini kami gelar rutin di lapangan karena lokasinya strategis. Kegiatan ini kami gelar untuk menggerakkan perekonomian masyarakat," katanya di sela-sela kegiatan, Minggu (23/1/2022).

Selain diisi dengan berbagai produk UKM di Sendangadi, kegiatan Sunmor juga terus berkolaborasi dengan instansi lainnya. Hal itu dilakukan untuk menyemarakkan aktivitas Sunmor sebagai sarana hiburan masyarakat. "Hari ini kami menggelar lomba mewarnai, aksi donor darah dan menampilkan atraksi budaya," kata Jami.

Lurah Sendangadi Sugengno mengatakan selain Sunmor Ngawiji yang digelar di Lapangan Sendangadi, kegiatan yang sama juga digelar di kompleks Masjid Wahidin setiap Jumat. "Kami ingin mengangkat UMKM karena sejak pandemi mengalami stagnasi. Kami mencoba mengangkat kembali perekonomian masyarakat. Ada sekitar 600 pelaku UMKM tetapi yang bergabung baru sekitar 100 UMKM," katanya.

BACA JUGA: Fantastis! Parkir Bus Wisata di Jogja Raup Rp1,2 Juta Sehari

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sleman R. Haris Murtopo menilai kegiatan tersebut menjadi ajang promosi serta ruang pamer untuk menggerakkan roda ekomomi masyarakat di tengah pandemi. Haris mengingatkan agar pelaksanaan Sunmor tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat.

"Kami berharap kegiatan ini bisa menjalin kemitraan dengan perusahaan sekitar agar mampu menaikkan kelas UMKM baik dari segi produksi, kemasan maupun marketing digital," katanya.

Advertisement

 

 

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement