Advertisement

Fantastis! Parkir Bus Wisata di Jogja Raup Rp1,2 Juta Sehari

Yosef Leon
Minggu, 23 Januari 2022 - 15:37 WIB
Budi Cahyana
Fantastis! Parkir Bus Wisata di Jogja Raup Rp1,2 Juta Sehari Ilustrasi bus di Terminal Giwangan, Kota Jogja, Jumat (23/4/2021). - Harian Jogja/Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Pengelola parkir di Jogja panen rezeki saat pariwisata bangkit dan bisa meraup sedikitnya Rp1,2 juta per hari dari parkir bus wisata.

Sejumlah lokasi parkir yang dikelola swasta terlihat cukup ramai pada akhir pekan ini. Di lokasi parkir area Gembira Loka, yakni Parkir Mitra, puluhan bus wisata berjejer. 

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

BACA JUGA: Tegas, Pemkot Jogja Tak Akan Gugat Pengunggah Parkir Bus Rp350.000

Pengelola Parkir Mitra, Wikan Giri Sasongko, mengatakan bangkitnya sektor pariwisata setelah terdampak pandemi beberapa waktu lalu juga mulai terlihat. Hampir dua tahun wisata terpuruk, perlahan-lahan industri ini mulai bangkit. 

Wikan mengatakan jumlah bus wisata yang mampir dan memanfaatkan layanan di tempatnya mulai terasa sejak pariwisata kembali dibuka. Puluhan bus pariwisata dengan berbagai ukuran baik sedang maupun besar memanfaatkan layanan yang ditawarkannya karena berdekatan dengan Gembira Loka. 

"Kalau akhir pekan mungkin sekitar 20-an lebih untuk bus pariwisata. Lebih ramai saat musim liburan, misal pada akhir tahun atau musim libur sekolah," katanya, Minggu (23/1/2023). 

Layanan parkir yang telah dirintisnya sejak 2014 lalu ini memiliki lahan yang representatif. Kurang lebih mampu memuat sebanyak 30-40 an bus pariwisata. Selain bus pariwisata, dia juga menawarkan layanan parkir kepada pengendara mobil pribadi serta sepeda motor. 

"Untuk tarif kami mengikuti aturan pemerintah bahkan di bawahnya, untuk bus pariwisata kami patok Rp60.000 tanpa durasi maksimal," ujar dia. 

Advertisement

Dengan tarif parkir Rp60.000, Wikan bisa mendapatkan sedikitnya Rp1,2 juta sehari dari parkir 20 bus wisata.

BACA JUGA: Ayam Tiren di Bantul Dijual ke Sejumlah Pasar Tradisional di Jogja, Ini Lokasinya

Sementara itu Waryitno, 51, seorang pengemudi bus wisata asal Pemalang mengaku cukup kesulitan mencari fasilitas penyedia parkir di wilayah Kota Jogja. Apalagi di musim liburan. Dia berharap agar pemerintah setempat menambah fasilitas parkir di luar dari yang saat ini disediakan. 

Advertisement

"Memang agak kesulitan apalagi kemarin sempat ada kebijakan penerapan satu pintu masuk yang harus lewat terminal Giwangan. Makanya hal-hal ini yang kadang jadi alternatif bagi pengemudi bus untuk parkir di tempat yang tidak resmi," katanya. 

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Sah! Gunungkidul Kini Punya Sekda Baru

Sah! Gunungkidul Kini Punya Sekda Baru

Jogjapolitan | 2 hours ago

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Uji Coba Pembelian Solar Pakai QR Code Disambut Antusias Warga Payakumbuh

News
| Kamis, 01 Desember 2022, 19:27 WIB

Advertisement

alt

Asyik! Kawasan Groundsill Opak Bakal Jadi Bakal Jadi Destinasi Wisata Baru

Wisata
| Kamis, 01 Desember 2022, 19:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement