Advertisement

Awasi Pedestrian Malioboro Bebas PKL, Petugas Bakal Dikerahkan Berjaga

Sunartono
Rabu, 26 Januari 2022 - 22:47 WIB
Bhekti Suryani
Awasi Pedestrian Malioboro Bebas PKL, Petugas Bakal Dikerahkan Berjaga Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara Aji. - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji menambahkan pendataan terhadap pedagang kaki lima (PKL) Malioboro telah dilakukan dan sebagian besar diklaim mendukung penataan PKL. Total ada 1.838 PKL yang dipindahkan. Mereka akan segera dipindahkan ke dua lokasi yang fasilitasnya sudah siap. Setelah semua PKL pindah ke lokasi yang baru, ia menjamin tidak akan ada PKL baru yang beroperasi di sepanjang Jalan Malioboro.

"Misalnya ada kekhawatiran jangan sampai kalau kami [PKL] sudah masuk masih ada PKL lagi di Jalan Malioboro. Kami jamin tidak akan ada pedagang baru di Malioboro. Baru itu dua macam, ada yang buka lagi di Malioboro atau benar-benar orang baru buka lagi, ini saya pastikan tidak ada," katanya saat rapat bersama Pansus PKL DPRD Kota Jogja di DPRD DIY, Rabu (26/1/2022).

Advertisement

Baskara Aji menyatakan petugas akan dikerahkan secara maksimal untuk mengantisipasi kemungkinan akan adanya PKL baru di Jalan Malioboro. "Tentu petugas di lapangan akan dimaksimalkan untuk melakukan pemantauan. Termasuk toko juga tidak boleh memperluas usahanya dengan menempatkan barang dagangan sampai ke depan," ujarnya.

BACA JUGA: PKL Malioboro Direlokasi, Begini Nasib Skuter Listrik

Aji mengakui khusus untuk Teras Malioboro 2 yang menempati lahan eks Dispar DIY memang masih sementara. PKL diperkirakan hanya menempati lokasi itu sekitar dua tahun. Selanjutnya akan dipindahkan di tempat khusus yang masih ada di kawasan Malioboro.

“Untuk lokasinya di mana sebenarnya sudah ada bayangan, tetapi belum bisa kami sampaikan,” katanya.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY Srie Nurkyatsiwi menyatakan setiap PKL akan mendapatkan gerobak sesuai kebutuhan masing-masing untuk yang menempati Teras Malioboro 1. Saat ini kasih terus dilakukan komunikasi untuk menentukan PKL yang akan menempati lokasi baru.

“Kalau misalnya dengan gerobak yang sudah ada kok dirasa belum cocok, mereka bisa melakukan inovasi sendiri misanya kurang apa dan lain-lain. Di semua lantai nanti lengkap ada kuliner, fesyen maupun kerajinan,” katanya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement