Advertisement

Ground Breaking Tol Jogja Bawen Dilaksanakan Maret 2022

Abdul Hamied Razak
Minggu, 30 Januari 2022 - 19:27 WIB
Galih Eko Kurniawan
Ground Breaking Tol Jogja Bawen Dilaksanakan Maret 2022 Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil (tengah) di Balai Kalurahan Banyurejo, Kapanewon Tempel, Sabtu (29/1/2022). - Harian Jogja - Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Rencana ground breaking atau peletakan batu pertama pembangunan tol Jogja-Bawen akan dimulai pada Maret 2022. Pengerjaan konstruksi seksi I tol Jogja Bawen ini diharapkan rampung pada akhir 2023.

PPK Satker Pelaksanaan Jalan Bebas Hambatan (PJBH) Tol Jogja-Bawen Wijayanto mengatakan ground breaking dilaksanakan setelah kegiatan land clearing pada akhir Februari mendatang. "Kemarin rencananya (ground breaking) digelar Februari, (karena tidak memungkinkan) ground breaking akan digelar pada Maret dimulai dari Tirtoadi, Mlati," katanya saat ditemui di Balai Kalurahan Banyurejo, Kapanewon Tempel, Sabtu (29/1/2022).

Advertisement

Sembari menyiapkan kegiatan tersebut, lanjutnya, panitia pengadaan tanah masih fokus menyelesaikan proses pembayaran uang ganti kerugian (UGK) kepada warga yang belum menerima.

Termasuk tanah-tanah yang memiliki karakter khusus seperti tanah kas desa (TKD), tanah wakaf, dan tanah yayasan. "Tanah terdampak tol di seksi 1 ini 60 persen sawah 40 persen pekarangan," katanya.

Pekan ini, Satker akan berkoordinasi dengan Pemda DIY terkait dengan keberadaan sultanat ground bersama pemilik lahan wakaf dan yayasan untuk membahas proses pembayaran UGK-nya. "Untuk lahan warga hampir semuanya (UGK) sudah dibayar, hanya beberapa yang tercecer atau belum memenuhi syarat administrasi. Jumlahnya tidak banyak," katanya.

Untuk tanah sisa milik warga, kata Totok masih akan dibentuk tim kajian yang akan menilai apakah tanah sisa tersebut layak untuk masuk dalam proses pengadaan lahan tol atau tidak. "Nanti tim yang akan menilai. Kalau sesuai ketentuan, sisa lahan di bawah 100 meter persegi bisa dimasukkan (proses pembayaran). Tapi itu nanti menunggu penilaian dari tim saja," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Siap-Siap! Desain Paspor Bakal Berubah Tahun Ini

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement