Advertisement

Begini Gambaran Lengkap Blok Lapak PKL di Teras Malioboro 2 Jogja

Sunartono
Selasa, 01 Februari 2022 - 16:37 WIB
Bhekti Suryani
Begini Gambaran Lengkap Blok Lapak PKL di Teras Malioboro 2 Jogja PKL Malioboro mulai melihat lokasi Teras Malioboro 2 yang menjadi tempat baru. Mereka mulai menata tempat pada Selasa (1/2/2022). - Harian Jogja/Sunartono.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Pemerintah sudah menyediakan lokasi baru untuk Pedagang Kaki Lima (PKL) Malioboro di Teras Malioboro 1 dan Teras Malioboro 2. Jika Teras Malioboro 1 sudah ada lapak dan tinggal melakukan modifikasi. Berbeda dengan Teras Malioboro 2 yang hanya disediakan tempat dengan kapling ukuran tertentu.

Berdasarkan pantauan Harianjogja.com, di Teras Malioboro 2 ada 25 blok sesuai huruf abjad dari A hingga Y. Terbagi menjadi empat model ukuran lapak. Pada sektor paling tengah dari barat (Jalan Malioboro) sampai timur (Jalan Mataram) ada dua blok yaitu Blok F dan Blok Q yang masing-masing terdapat 66 lapak dengan ukuran lebar 1,1 meter dan panjang 1,8 meter. Blok ini digunakan untuk fesyen dan kerajinan.

Kemudian untuk kawasan kuliner setidaknya ada enam blok yang terdiri atas Blok A berbatasan dengan sisi barat DPRD DIY, Blok K berbatasan dengan sisi barat Grand Inna Malioboro untuk 24 lapak, Blok L berbatasan dengan DPRD DIY sisi timur untuk 13 lapak dan Blok V berbatasan dengan sisi Grand Inna Malioboro sisi timur bisa diisi untuk 13 lapak.

Serta dua blok lagi yang berada di ujung depan pintu Teras Malioboro sebelah timur yaitu blok X dan Blok Y masing-masing disediakan untuk 12 lapak. Lapak untuk kuliner memiliki ukuran yang berbeda dengan lebar sekitar 1,5 meter dan panjang sekitar 2,5 meter.

Kemudian blok yang untuk fesyen dan kerajianan dengan berbeda bentuk yaitu persegi dengan panjang sisi 1,25 meter. Luas lapak dengan bentuk persegi ini mendominasi pada sebagian besar jatah lapak di Teras Malioboro 2. Para PKL mau tidak mau harus menyesuaikan dengan kondisi tersebut meski gerobaknya memiliki panjang dari ukuran yang ditentukan.

BACA JUGA: 13 Orang Terpapar Covid-19 Gegara Klaster Mantenan di Kulonprogo

Bentuk ukuran persegi ini setidaknya ada di 16 blok yang membujur dari barat ke timur selter. Delapan ada di sektor barat terdiri atas BloK, B, Blok C, Blok D, Blok e, Blok G, Blok H, Blok I dan Blok j yang masing-masing diberikan jatah untuk 58 lapak dan semuanya telah ditulisi nomornya. Kemudian Blok di sektor barat dengan model membujur dari barat ke timur yang juga dengan ukuran persegi adalah Blok M, Blok N, Blok O, Blok P, Blok R, Blok S, Blok S dan Blok T.

Untuk urusan sanitasi, disediakan resapan sehingga saat air hujan sudah ada instalasi resapan air yang dibuang langsung ke resapan tanah melalui pipa-pipa instalasi di setiap blok. Khusus untuk blok kuliner disediakan sejumlah tempat cuci tangan. Kemudian disediakn kamar mandi pada empat titik di setiap pojok Teras Malioboro 2 dengan masing-masing titik ada dua kamar mandi.bDi sisi timur dan barat blok masih ada ruang kosong yang akan digunakan untuk tempat loading barang milik para PKL yang akan berjualan.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

TRAGEDI KANJURUHAN: Lakukan Investigasi Kapolri Dalami Prosedur Pemakaian Gas Air Mata

News
| Minggu, 02 Oktober 2022, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Perhatian! Sewa Jip di Tebing Breksi Bakal Naik Rp50.000 Mulai 1 November 2022

Wisata
| Minggu, 02 Oktober 2022, 18:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement