Advertisement

Begini Kronologi Temuan Pasien Positif Covid-19 Omicron di Jogja

Newswire
Selasa, 01 Februari 2022 - 17:17 WIB
Bhekti Suryani
Begini Kronologi Temuan Pasien Positif Covid-19 Omicron di Jogja Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Pemerintah mengumumkan kasus Covid-19 varian Omicron sudah masuk ke Jogja. Pemkot Jogja menceritakan kronologi penemuan pasien dengan kasus Omicron tersebut.

Satu pasien yang dinyatakan positif Covid-19 jenis Omicron di Kota Jogja dipastikan bukan warga DIY. Pemkot Jogja menyebutkan pasien ini sedang bertugas di Jogja dan saat swab PCR di Bandara dinyatakan positif Covid-19.

Heroe Poerwadi, Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Jogja menjelaskan bahwa pelaku perjalanan tersebut sudah beberapa hari beraktivitas di Jogja.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

"Jadi sekali lagi orang ini dari luar DIY. Ya beberapa hari orang ini di Jogja dan ada suatu tugas. Tidak dijelaskan tugasnya seperti apa," ujar Heroe kepada wartawan, Selasa (1/2/2022).

BACA JUGA: Satu Pasien Covid-19 di Gunungkidul Meninggal Dunia

Heroe melanjutkan masa tugasnya yang sudah berakhir, pasien yang hingga kini belum diketahui profil dan identitasnya itu pulang ke tempat asalnya melalui bandara.

"Lalu kemudian dia berencana pulang dan hendak naik pesawat. Seharusnya kan PCR, nah saat itu skrining dia positif Covid-19," kata Heroe.

Heroe menerangkan, sampel (swab) pelaku perjalanan ini dikirim Pemkot Jogja ke Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP). Namun ketika muncul hasilnya pada Minggu (30/1/2022), pasien positif Omicron.

"Nah saat keluar hasilnya itu, dipastikan Omicron," ujarnya.

Advertisement

Heroe menerangkan, sejak pasien dinyatakan positif Covid-19 pihaknya telah menempatkan di selter isolasi. Hal itu mengantisipasi meluasnya penularan Omicron di wilayah DIY.

"Saat ini sedang isolasi dan kita sudah meminta agar seluruh hotel, restoran dan seluruh destinasi wisata untuk memperketat prokesnya karena jangan sampai lengah dan abai terhadap sebaran Covid-19 jenis Omicron itu," katanya.

Heroe tak bisa memastikan berapa lama pasien tersebut menginap di Jogja. Kendati begitu, Pemkot masih melakukan tracing ke tempat pasien itu beraktivitas selama di Jogja.

Advertisement

"Kemarin sudah kami tanyakan aktivitas orang ini, tracing masih berlanjut, tapi saya belum dapat hasil atau ada tidaknya kontak erat yang sempat bersinggungan dengan pasien ini. Sementara masih satu orang ini (Omicron di Jogja)," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Jumat, 7 Oktober 2022

News
| Jum'at, 07 Oktober 2022, 07:09 WIB

Advertisement

alt

Satu-satunya di Kabupaten Magelang, Wisata Arung Jeram Kali Elo Terus Dikembangkan

Wisata
| Kamis, 06 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement