Advertisement

Tak Hanya di Jalur Mangunan Bantul, Ini Deretan Kecelakaan Maut di Jalur Wisata

Budi Cahyana
Senin, 07 Februari 2022 - 15:57 WIB
Budi Cahyana
Tak Hanya di Jalur Mangunan Bantul, Ini Deretan Kecelakaan Maut di Jalur Wisata Bus pariwisata yang menabrak tebing di Bukit Bego, Bantul, menewaskan 13 orang, Minggu (6/2/2022). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kecelakaan yang menewaskan 13 orang di Bukit Bego, Jalur Imogiri Mangunan, Bantul, Minggu (6/2/2022) mirip seperti kecelakaan di jalur-jalur wisata dengan medan menanjak atau menurun. Korban meninggal dunia akibat kecelakaan di jalur wisata tidak hanya wisatawan, tetapi juga warga setempat.

Berikut lima kecelakaan fatal yang terjadi di jalur wisata yang dirangkum Harian Jogja dari berbagai sumber.

BACA JUGA: Larangan Bus Masuk Jalan Mangunan-Imogiri Diperketat

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

JALUR TEBING BREKSI

Kecelakaan truk bermuatan batu di jalan kawasan wisata Tebing Breksi, Sleman, terjadi Jumat, 3 September 2021 malam. Kecelakaan menewaskan enam orang warga Daraman, Srimartani, Piyungan. Truk membawa muatan batu yang diangkut dari daerah Candi Ijo dan remnya blong.

JALUR WISATA DIENG

Bus pariwisata KJM Putra kecelakaan maut karena rem blong di jalur wisata Dieng, tepatnya di Desa Kuripan Garung, Wonosobo, Jawa Tengah, Rabu, 30 September 2020. Empat orang tewas dan 20 lainnya luka-luka setelah bus wisata menabrak enam kendaraan. Bus nahas tersebut ditumpangi 31 orang rombongan reuni dari SMA Bakti Praja Jepara.

JALAN IMOGIRI MANGUNAN (2017)

Bus wisata yang membawa rombongan asal Boyolali, Jawa Tengah, kecelakaan di Jalan Mangunan-Imogiri, Bantul. Dua penumpang tewas dan puluhan orang luka-luka. Kecelakaan terjadi di kawasan Mangunan, tepatnya di Bukit Bego, Imogiri, Bantul,, Minggu, 3 Desember 2017.

Advertisement

Bus berpenumpang sekitar 53 orang rombongan PKK dari Desa Gombang, Sawit, Boyolali. Rombongan hendak berwisata ke Hutan Pinus, Mangunan. Sekitar pukul 14.30 WIB, saat rombongan hendak menuju Pantai Depok, bus yang ditumpangi oleng dan menabrak bukit.

BACA JUGA: 13 Tewas Akibat Kecelakaan, Ini Profil Bukit Bego dengan Patung Semarnya

JALUR WISATA BROMO

Advertisement

Sebuah pikap kecelakaan di jalur wisata Bromo di Desa Wringinanom, Poncokusumo, Malang, Jawa Timur, Rabu, 26 Mei 2021. Tujuh orang meninggal dunia akibat kecelakaan tersebut. Kecelakaan terjadi sekitar pukul 13.30 WIB dan menimpa rombongan yang dalam perjalanan menuju Tumpang, Kabupaten Malang, dari arah Ranupani, Kabupaten Lumajang. Pada saat melintas di Wringinanom, pikap yang mereka tumpangi tidak bisa dikendalikan dan menabrak pohon di tepi jalan.

JALAN IMOGIRI MANGUNAN (2022)

Bus pariwisata menabrak tebing Bukit Bego di Jalan Imogiri-Mangunan, Bantul, Minggu, 6 Februari 2022 siang. Bus mengangkut rombongan karyawan pabrik konveksi di Mranggen, Polokarto, Sukoharjo, Jawa Tengah. Sebanyak 13 orang tewas dalam kecelakaan tersebut.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

BKKBN DIY Gelar Wisuda Ratusan Lansia

BKKBN DIY Gelar Wisuda Ratusan Lansia

Jogjapolitan | 1 hour ago

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Panggil Zumi Zola Terkait Dugaan Suap Pengesahan RAPBD Provinsi Jambi

News
| Selasa, 27 September 2022, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement