Advertisement

Hotel Mutiara di Malioboro Resmi Dihuni Pasien Covid-19

Sunartono
Minggu, 13 Februari 2022 - 19:37 WIB
Budi Cahyana
Hotel Mutiara di Malioboro Resmi Dihuni Pasien Covid-19 Hotel Mutiara di Malioboro, Kota Jogja. - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemda DIY resmi mengoperasikan Hotel Mutiara di Malioboro sebagai selter Covid-19 mulai Sabtu (12/2/2022). Hingga Minggu (13/2/2022) sore hotel yang telah menjadi aset milik Pemda DIY ini sudah dihuni 49 pasien Covid-19.

Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos DIY Sigit Alifianto mengatakan Hotel Mutiara memiliki kapasitas 112 bed untuk pasien Covid-19. Hotel Mutiara berada di sebelah timur Jalan Maloboro dan punya dua gedung. Gedung di sisi selatan digunakan untuk menampung pasien Covid-19 dengan gejala ringan maupun tanpa gejala.

Advertisement

BACA JUGA: JJLS di Gunungkidul Terancam Tidak Tersambung Gara-gara Tanah 600 Meter Ini

“Sudah mulai beroperasi sejak Sabtu kemarin pukul 13.00 WIB, hari Sabtu ada 18 pasien yang masuk. Kemudian hari Minggu ini sampai pukul 16.00 WIB sudah ada tambahan 33 orang lagi,” katanya, Minggu (13/2/2022) petang.

Akan tetapi dari jumlah yang masuk selama dua hari itu sebanyak dua pasien mengajukan permohonan APS (atas permintaan sendiri) untuk pindah selter. Dengan demikian, hingga Minggu sore Hotel Mutiara dihuni 49 pasien Covid-19.

Ia mengatakan puluhan penghuni berasal dari DIY maupun luar DIY seperti pelaku perjalanan dengan tujuan Jogja. Tenaga kesehatan dan dokter hingga petugas administrasi hingga pendamping psikososial disiapkan untuk dua sif. Sementara, sekuriti dibagi dalam tiga sif.

BACA JUGA: Pasar Hobbies di Godean Sleman Segera Dibuka

“Warga luar DIY ada yang dinas, ada yang sekolah, ada yang wisata, ada yang sedang menengok anaknya kuliah,” katanya.

Hotel Mutiara dibeli oleh Pemda DIY menggunakan dana keistimewaan sebesar Rp170 miliar pada 2020 silam. Hotel ini rencananya dijadikan sebagai sentra UMKM di DIY.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Warga Iran Dukung Langkah Pemerintah Menyerang Israel

News
| Sabtu, 20 April 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement