Advertisement

Pasar Hobbies di Godean Sleman Segera Dibuka

Abdul Hamied Razak
Minggu, 13 Februari 2022 - 19:07 WIB
Budi Cahyana
Pasar Hobbies di Godean Sleman Segera Dibuka Ketua Komisi B DPRD Sleman Nurhidayat (tengah) saat mengunjungi Pasar Hobbies di Godean, pekan lalu. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pasar Hobbies yang berada di sebelah selatan Pasar Induk Godean, Sleman, sudah selesai dibangun. Rencananya, pasar tersebut dibuka untuk umum tahun ini.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sleman Mae Rusmi Suryaningsih mengatakan pembangunan pasar tersebut selesai dan Pasar Hobbies di Godean segera dioperasikan. “Kami masih melakukan koordinasi [untuk pengoperasian pasar tersebut], insyaallah tahun ini,” katanya, Minggu (13/2/2022).

Advertisement

BACA JUGA: 10 Nama Jalan di Jogja yang Lebih Populer Singkatannya daripada Kepanjangannya

Pasar Hobbies, kata Mae, adalah wadah bagi pencinta hewan dan tanaman. Sebelum dibangun menjadi Pasar Hobbies, lokasi tersebut merupkaan pasar hewan yang mangkrak, kumuh dan kurang layak untuk dijadikan tempat jual beli hewan.

“Pemkab kemudian mengalihfungsikan bekas pasar hewan ini menjadi Pasar Hobbies yang diharapkan menjadi wadah baru bagi pencinta hewan dan tanaman,” kata Mae.

Pasar Hobbies dibangun sejak 2020 lalu. Pada tahap pertama, anggaran sekitar Rp800 juta disediakan untuk penyiapan lahan. Tahap kedua pada 2021, anggaran Rp1,2 miliar dikucurkan untuk membangun gedung utama dan fasilitas lainnya.

Pasar Hobbies mendapat perhatian dari Komisi B DPRD Sleman. Komisi B meninjau ke lokasi untuk melihat kondisi pasar baru tersebut.

Ketua Komisi B DPRD Sleman Nurhidayat menyambut baik keberadaan Pasar Hobbies tersebut. Ia berharap pasar dapat ditata dan dikelola dengan baik, agar bisa menjadi tempat yang menarik sehingga konsumen dapat dengan sendirinya datang.

BACA JUGA: Wisata Jogja: Yang Jarang Diketahui Wisatawan saat Berbelanja di Pasar Beringharjo

“Kami tidak menolak adanya modernisasi pasar, namun juga tidak meninggalkan pasar tradisional yang sudah ada. Ke depan saya harap Pasar Hobbies ini dapat bersinergi dengan Pasar Induk Godean agar menjadi daya tarik bagi konsumen,” katanya.

Pasar Hobbies menjadi solusi pedagang krombong ayam atau unggas yang berada di luar Pasar Induk Godean. Selain menjadi tempat berjualan hewan, pasar tersebut juga akan menjual tanaman hias, anggrek, bonsai, termasuk ikan hias. (Abdul Hamid Razak)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Izin Tinggal Peralihan Jembatani Proses Transisi Izin Tinggal WNA di RI

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement