Advertisement

Kasus Covid Naik, Sultan HB X Siapkan Opsi Penyekatan

Sunartono
Jum'at, 18 Februari 2022 - 14:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Kasus Covid Naik, Sultan HB X Siapkan Opsi Penyekatan Gubernur DIY, Sri Sultan HB X,s aat ditemui wartawan di Kantor Gubernur DIY, Kamis (21/1/2021). - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X menyiapkan opsi penyekatan jika kasus Covid-19 di DIY terus merangkak naik. Pilihan itu ditempuh guna mengurangi mobilitas masyarakat.

Sultan mengatakan kenaikan kasus Covid-19 terjadi hampir di semua daerah seperti Jawa Timur dan lainnya. Satu-satunya cara untuk menekan kasus tersebut adalah dengan mengurangi mobilitas. Selain itu upaya lain yang harus terus digerakkan adalah mematuhi protokol kesehatan.

Advertisement

“Semuanya naik otomatis ikut naik, Jakarta Surabaya naik semua. Mau apa. Ya satu satunya cara mengurangi mobilitas masyarakat di luar harus menggunakan prokes sama masker itu jadi prinsip yang harus dilakukan,” katanya di Kompleks Kepatihan, Jumat (18/2/2022).

HB X menambahkan, jika ingin mengurangi adalah dengan melakukan penyekatan di jalan, karena tidak ada pilihan lain jika kasus Covid-19 ingin segera turun. Oleh karena itu jika opsi penyekatan itu dipilih maka sebaiknya masyarakat jangan mengeluh.

Baca juga: Muncul Klaster Pesantren di Bantul

“Tidak ada pilihan, jadi nanti kalau [penyekatan] itu kita lakukan ya, masyarakat jangan mengeluh, ya kan. Karena dengan sekatan-sekatan yang ada itu harapannya mengurangi mobilitas masyarakat,” tegasnya.

Menurut Sultan berdasarkan rapat evaluasi dengan Pemerintah Pusat pada Kamis (18/2/20220) DIY memiliki kecenderungan akan terus meningkat. Berbeda dengan DKI Jakarta yang saat ini sudah mulai menurun.

“Karena dari kecenderungan zoom [rapat dengan pusat] kemarin bahwa kita [DIY] akan tetap naik belum waktunya peak [belum sampai puncaknya], sedangkan yang lain seperti Jakarta sudah turun, kita masih [baru akan naik,” katanya.

Ditanya perihal pemberlakuan pembatasan tersebut, HB X menggarisbawahi penyekatan dilakukan jika kasus Covid-19 terus melonjak. “Ya nanti kalau memang tetep naik terus, ya saya sekat, tidak ada pilihan, untuk menekan mobilitas masyarakat,” ucapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement