Advertisement

Mulus, Pembebasan Lahan Tol Jogja Bawen Tercepat di Indonesia

Sunartono
Rabu, 16 Februari 2022 - 20:07 WIB
Budi Cahyana
Mulus, Pembebasan Lahan Tol Jogja Bawen Tercepat di Indonesia Ilustrasi jalan tol - JIBI/Bisnis.com/Himawan L Nugraha

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pembebasan lahan untuk pembangunan Tol Jogja Bawen di wilayah DIY menjadi yang tercepat di Indonesia.

Di ruas DIY, lahan untuk proyek tol tersebut telah dibebaskan hingga 92%. Kini tinggal tersisa 8%, sebagian besar merupakan tanah dengan karakteristik khusus. Pembebasan lahan proyek Tol Jogja Bawen masuk dalam kategori tercepat di Indonesia karena terselesaikan tanpa masalah dalam waktu enam bulan setelah penetapan lokasi (penlok) diterbitkan.

Advertisement

BACA JUGA: Tol Jogja Solo Lewati Sesar Opak Pemicu Gempa Besar Jogja, Ini Antisipasi Pengembang

Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang DIY Krido Suprayitno menjelaskan jawatannya bersama jajaran Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menggelar rapat evaluasi pengadaan lahan Tol Jogja Bawen. Berdasarkan izin penetapan lokasi (IPL) yang diterbitkan Gubernur DIY, IPL Tol Jogja Bawen akan habis pada Desember 2022.

Berdasarkan peraturan perundangan, enam bulan sebelum jatuh tempo perizinan, Kementerian PUPR harus segera mengajukan perpanjangan IPL. Hasil evaluasi pembebasan lahan tersebut menjadi dasar harus mengajukan perpanjangan IPL Tol Jogja Bawen.

“Harapan kami sebelum jatuh tempo, Dirjen Bina Marga sudah mengajukan kembali perpanjang pelaksanaan IPL yang diterbitkan Gubernur DIY,” kata Krido di sela-sela pelaksanaan rapat di salah satu hotel di Kota Jogja, Rabu (16/2/2022).

Pembebasan lahan Tol Jogja Bawen menunjukkan perkembangan yang signifikan. Berdasarkan laporan Kanwil BPN DIY, pembebasan lahan telah mencapai 92% dan tinggal tersisa 8%. Menurutnya pembebasan lahan Tol Jogja-Bawen ini memperoleh penghargaan dari Menteri PUPR karena tercepat di Indonesia.

BACA JUGA: Ini Peta Tol Jogja Bawen yang Dibangun Bulan Depan, Kebanyakan Melayang di Atas Selokan

“Pembebasan tanah jalan tol untuk DIY paling baik untuk seluruh Indonesia. Ini mendapat penghargaan dari Pak Menteri, karena tercepat,” katanya.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Satker Pelaksanaan Jalan Bebas Hambatan (PJBH) Tol Jogja Bawen Wijayanto menyatakan pembebasan lahan tol Jogja-Bawen memang mendapatkan penghargaan dari Kementerian PUPR. Pembebasan lahan itu dinilai cepat karena sejak enam bulan penlok turun, 92% dari total panjang jalan tol sekitar 9 kilometer sudah dibebaskan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jogjapolitan | 10 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Konflik Israel di Gaza, China Serukan Gencatan Senjata

News
| Selasa, 16 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement