Advertisement

Video Kerusakan Dampak Angin Kencang Semanu, Warga Histeris

Bernadheta Dian Saraswati
Selasa, 22 Februari 2022 - 15:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Video Kerusakan Dampak Angin Kencang Semanu, Warga Histeris Ilustrasi angin kencang. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Wilayah Semanu Kabupaten Gunungkidul diterjang angin kencang pada Selasa (22/2/2022). Ratusan rumah tercatat mengalami kerusakan.

Akun Instagram @merapi_uncover membagikan video kerusakan akibat fenomena alam tersebut. Dalam video terdengar suara tangisan histeris dari seorang warga yang melihat kondisi rumah porak poranda.

Advertisement

Genting dan atap rumah ambruk beterbangan dan berserakan di halaman rumah. Sementara beberapa perabot juga mengalami kerusakan.

Video yang bersumber dari akun mei_peseek tersebut menjelaskan kondisi di video merupakan suasana di Dusun Jelok RT 001, 002, 003, dan 004 RW 003 di Desa Pacarejo.

Pada slide berikutnya, rumah yang disebutkan milik Pak Bandi juga menjadi korban keganasan angin kencang. "Semua hancur. Kejadian pas di rumah Pak Bandi. Mohon merapat BPBD dan Tagana segera untuk membantu," kata perekam video tersebut.

Warganet yang melihat tayangan tersebut ada yang memberikan komentar.

Baca juga: Angin Kencang Rusak Puluhan Rumah Warga Semanu Gunungkidul

"Ya ampun lor desoku [ya ampu utara desaku]".

"semoga diberi ketabahan".

"Ya Allah.. semoga tak ada korban".

Sementara itu diberitakan Harianjogja.com sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Gunungkidul menyebut sedikitnya 238 rusak diterjang angin kencang di Kecamatan Semanu. Pendataaan masih berlangsung dan ada kemungkinan jumlah bangunan yang rusak masih terus bertambah.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Gunungkidul, Sumadi, memastikan tidak ada korban jiwa dalam angin kencang yang menerjang Desa Semanu dan Pacarejo, Semanu, Selasa (22/2/2022). Data sementara, jumlah bangunan yang rusak mencapai 238 unit.

“Pendataan masih berlangsung, jadi jumlah rumah yang terdampak masih bisa bertambah,” kata Sumadi, Selasa siang.

Menurut dia, di Desa Semanu, wilayah terdampak hanya di Dusun Sambirejo. Adapun di Desa Pacarejo, kerusakan terjadi di beberapa dusun seperti Jelok, Jonge, Kwangen. Kerusakan bervariasi mulai dari rumah roboh, kandang rusak hingga atap genteng atau seng milik warga banyak yang lepas akibat diterjang angin kencang. “Beruntung tidak sampai menimbulkan korban jiwa,” katanya.

Bupati Cek Lokasi

Sumadi menambahkan bupati sudah mengecek ke lokasi bencana serta memberikan bantuan logistik kepada warga terdampak. “Sekarang sudah diserahkan dan mudah-mudahan bisa membantu,” ungkapnya.

Hujan deras disertai angin kencang terjadi di wilayah Semanu, Selasa pagi. Rumah-rumah warga banyak yang rusak. Selain itu, juga banyak pohon tumbang hingga tiang listrik roboh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Instagram

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Selebgram Ini Bagikan Kondisi Putrinya yang Masih Balita Dianiaya oleh Pengasuh

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 22:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement