Advertisement

Tak Jauh dari Jembatan Misterius Ada Terowongan Telu Gajah Wong

Sunartono
Rabu, 23 Februari 2022 - 13:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Tak Jauh dari Jembatan Misterius Ada Terowongan Telu Gajah Wong Kondisi Terowongan Telu Gajah Wong yang di atasnya merupakan rel kereta api, Rabu (22/2/2022). - Harian Jogja/Sunartono.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Bagi masyarakat sekitar yang tinggal di sekitar rel kereta api, nama Terowongan Telu memang sudah tidak asing. Sebuah terowongan air di Sungai Gajah Wong yang titiknya berbatasan dengan dua kabupaten dan satu kota di DIY.

Nama Terowongan Telu itu diberikan sendiri oleh masyarakat. Musababnya, karena di jembatan rel kereta api yang melintasi Gajah Wong tersebut di bagian bawahnya ada tiga terowongan. Tiga terowongan itu menjadi jalan air melewati sepanjang Sungai Gajah Wong.

Setiap terowongan memiliki lebar sekitar dua meter dengan tinggi kira-kita empat meter. Tidak ada data khusus waktu pembangunan terowongan ini. Kemungkinan dibangun saat zaman Belanda atau pasca kemerdekaan. Karena tidak ada prasasti atau identitas khusus di bangunan tersebut.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Terowongan ini berjarak sekitar 100 meter ke arah utara jembatan misterius yang mangkrak selama 25 tahun tidak dilalui kendaraan bermotor. Dari sisi administratif, terowongan telu ini berlokasi di tiga kabupaten dan kota. Di sisi utara berada di wilayah Sleman. Sedangkan sisi selatan merupakan dua wilayah yaitu Kota Jogja dan Kabupaten Bantul.

Kini di sekitar terowongan telu kerap dijadikan aktivitas memancing. "Biasanya saya mancing sekitar sini, airnya jernih dan sekarang tidak terlalu banyak sampah," kata seorang pemancing yang mengaku Rino saat berbincang dengan Harianjogja.com, Rabu (23/2/2022).

Kondisi terowongan telu memang cukup menarik, selain airnya jernih kondisinya tidak banyak sampah, berbeda dengan titik lain di Gajah Wong.

Sedangkan bagian atasnya merupakan jalur perlintasan kereta api dengan dua ruas di sebelah utara dan selatan. Bagi warga yang tidak terbiasa melintasi kawasan tersebut mungkin banyak yang tak menyadari bahwa di bawah rel kereta api itu adalah jembatan besar yang mengalir air sungai Gajah Wong. Tetapi bagi warga sekitar atau siapa yang menghuni menghuni sekitar kawasan tersebut, Terowongan Telu akan menjadi kenangan tersendiri.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pilpres 2024: Gerindra Siap Lawan Anies Baswedan

News
| Selasa, 04 Oktober 2022, 15:37 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement