Advertisement

Harus Bersabar! Antrean Tunggu Haji di DIY Kini 30 Tahun

Sirojul Khafid
Kamis, 03 Maret 2022 - 17:07 WIB
Bhekti Suryani
Harus Bersabar! Antrean Tunggu Haji di DIY Kini 30 Tahun Ibadah haji. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Antrean tunggu atau waiting list keberangkatan haji di DIY saat ini berdurasi 30 tahun.

BACA JUGA: PSI Dukung Jokowi 3 Periode, Pengamat Sebut Memalukan!

Advertisement

Menurut Plt. Seksi Pendaftaran dan Dokumen Haji Regular Kanwil Kemenag DIY, Agus Nur Budiatno, aturan terbaru pendaftaran haji tidak memerlukan pas foto dan pembayaran setoran awal. Sehingga ini bisa diterapkan oleh BPS Bipih di seluruh wilayah NKRI.

“Sehubungan waiting list di DIY yang lama, dihimbau kepada BPS Bipih untuk lebih cermat dan berhati-hati dalam menginput data jemaah, dikarenakan masih banyak ditemukan bukti setoran awal yang salah input kode wilayah kabupaten dan kota,” kata Agus Nur.

“BPS Bipih dan Petugas siskohat kabupaten dan kota agar lebih jeli memperhatikan kelengkapan syarat pendaftaran sesuai dengan PMA 13 Tahun 2021, serta menyelesaikan proses pendaftarannya baik secara online maupun hadir di kankemang kabupaten dan kota.”

Menurut Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Jogja, H. Nur Abadi, hal ini menunjukkan apabila animo masyarakat yang hendak berangkat haji masih tinggi.

Seiring dengan antusiasme masyarakat terkait haji, maka Kemenag Kota Jogja berupa meningkatkan kualitas pelayanan. Salah satu upayanya dengan menyelenggarakan bimbingan teknis pada 20 peserta BPS Bipih atau Bank Penerima Setoran Biaya Perjalanan Ibadah Haji serta Kelompok Kerja Penyuluh Agama Islam Fungsional.

“Kepercayaan masyarakat kepada Kementerian Agama ini, harus diimbangi dengan pemberian layanan yang terbaik,” kata Nur Abadi dalam acara Bimbingan Teknis Peningkatan Layanan Haji di Hotel Grage Businees Jogja, Rabu (3/3/2022).

Kapala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Kota Jogja, Arif Harjanto, mengatakan acara ini sebagai ruang untuk mensosialisasikan dan mengordinasikan dengan pihak terkait, tentang dinamika Pelayanan dan Penyelenggaran Ibadah Haji. Harapannya ke depan juga pelayanan haji bisa berinovasi sehingga mendatangkan kemudahan dan kemanfaatnyan bagi masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Ibu-Ibu Dikenalkan Bisnis Sampingan

Ibu-Ibu Dikenalkan Bisnis Sampingan

Jogjapolitan | 56 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bappenas Sebut Telah Masukkan Program Makan Siang Gratis ke Dalam RKP 2025

News
| Senin, 06 Mei 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement