Advertisement

500 Pemuda Dilatih Jadi Kader Anti Narkoba

Media Digital
Selasa, 08 Maret 2022 - 07:07 WIB
Maya Herawati
500 Pemuda Dilatih Jadi Kader Anti Narkoba Suasana pembukaan pelatihan kader pemuda anti narkoba tingkat DIY yang diselenggarakan oleh BPO Disdikpora DIY. (Harian Jogja - Yosef Leon)

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Balai Pemuda dan Olahraga (BPO) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY menargetkan 500 pemuda bisa berperan dalam upaya menekan penyalahgunaan narkoba di wilayah masing-masing dengan menjadi kader pemuda anti narkoba.

Upaya itu dilakukan dengan melaksanakan pelatihan kader pemuda anti narkoba tingkat DIY sejak 7-11 Maret 2022 di Pondok Pemuda Ambarbinangun, Kabupaten Bantul.

Kepala BPO DIY, Priya Santosa mengatakan pemuda adalah tulang punggung penggerak bangsa yang mesti pula dijauhkan dari dampak negatif penyalahgunaan narkoba.

Berdasarkan catatan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DIY, pada 2021 lalu angka penggunaan narkoba mencapai 2,30% dari jumlah penduduk DIY. Beberapa di antara pengguna itu masih tergolong pemuda. Untuk itu, BPO dalam pelatihan kader pemuda anti narkoba ini mengajak serta perwakilan pemuda dari lima kabupaten/kota di DIY agar mampu menekan angka penyalahgunaan narkoba dari tingkat lokal.

"Peserta yang ikut serta ada 50 orang, 10 orang tiap kabupaten/kota, nanti mereka akan mengikuti semacam workshop dan tindak lanjutnya diharapkan bisa membentuk 500 kader lain dari tiap daerah untuk digelar kegiatan serupa demi penanggulangan bahaya narkoba," jelas Priya saat membuka kegiatan, Senin (7/3/2022).

Wakil Kepala Disdikpora DIY, Suherman menyebut tantangan perkembangan zaman mengharuskan setiap pihak untuk melindungi dan mengantisipasi penyebaran narkoba di kalangan pemuda. Ia mengungkapkan bahwa, upaya itu mesti dilakukan secara terpusat dan diikuti dengan tindak lanjut yang matang di masing-masing daerah seperti kabupaten/kota di wilayah DIY.

"Pesertanya ini kan semua rata-rata aktif di desa dan karang taruna, itu kami pikir akan efektif dalam menekan kasus penyalahgunaan narkoba lewat berbagai lembaga kepemudaan di daerahnya," jelas dia. (*)

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Streaming Starjoja FM
alt

Bupati Pemalang Kena OTT KPK, Ganjar Bilang Begini...

News
| Jum'at, 12 Agustus 2022, 12:07 WIB

Advertisement

alt

Jajal Keseruan Flying Fox Ledok Sambi, Solusi bagi yang Malas Lewat Tangga

Wisata
| Kamis, 11 Agustus 2022, 13:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement