Advertisement

Terpilih Kembali sebagai Rektor UII, Fathul Wahid: Innalillahi Wa Inna Ilaihi Rajiun

Nugroho Nurcahyo
Kamis, 10 Maret 2022 - 13:47 WIB
Budi Cahyana
Terpilih Kembali sebagai Rektor UII, Fathul Wahid: Innalillahi Wa Inna Ilaihi Rajiun Fathul Wahid - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Fathul Wahid terpilih kembali sebagai Rektor Universitas Islam Indonesia (UII). Fathul akan menjadi Rektor UII periode 2022-2026.

BACA JUGA: Mengenal Bambang Susantono, Orang Jogja yang Akan Memimpin Ibu Kota Baru Indonesia

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Menahkodai UII sebagai universitas besar dengan titipan amanah sejarah yang berat, bukan perkara mudah. Pengalaman empat tahun menegaskan itu. Ini amanah yang sangat berat,” tutur Prof. Fathul Wahid, dalam keterangan tertulis, Kamis (10/3/2022).

“Saya beruntung dan bersyukur dikelilingi oleh para kolega yang sangat membantu. Dengan bantuan banyak orang dan pertolongan Allah, insyaallah semuanya menjadi terasa lebih ringan.”

Fathul Wahid menjadi rektor UII periode 2022-2026 berdasarkan Rapat Pleno Yayasan Badan Wakaf (PYBW) UII, Rabu (9/3/2022).

Panitia Pemilihan telah mengajukan tiga nama calon rektor hasil dari pemilihan oleh Senat Universitas ke Pengurus Yayasan Badan Wakaf (PYBW) UII. Ketiga nama yang diajukan yakni Fathul Wahid, Riyanto, Ilya Fadjar Maharika. Fathul terpilih berdasarkan Ketetapan Panitia Pemilihan Rektor dan Wakil Rektor UII Periode 2022-2026, No. 11/SK-PP/III/2022 tentang Penetapan Rektor Terpilih UII Periode 2022-2026.

“Saya mengucapkan terima masih kepada warga UII yang percaya dengan saya dan telah menitipkan harapan kepada saya. Semoga Allah meridai, membimbing, dan mempermudah saya dalam mengorkestrasi kerja kolektif untuk memenuhi harapan tersebut. Tidak hanya bagi UII, tetapi insyaallah juga untuk bangsa Indonesia,” ujar Fathul Wahid.

BACA JUGA: Dies Natalis ke-76 FK-KMK UGM Tekadkan Pemulihan Bersama saat Pandemi

Advertisement

Ketua Panitia Pemilihan Rektor dan Wakil Rektor UII Periode 2022-2026, Masduki, mengatakan pemilihan Rektor UII secara umum dapat berjalan dengan lancar, seluruh tahapan pemilihan sejak di fakultas hingga Senat Universitas berlangsung dengan baik. Selain itu, keterlibatan atau partisipasi dari sivitas akademika UII cukup tinggi, yakni 85 persen di tingkat pemilih umum dan 80% di Senat.

“Saya kira yang paling penting adalah bahwa proses pemilihan Rektor kali ini lebih bernuansa kolaboratif dan mencerminkan kedewasaan para pihak seperti kontestanjuga pimpinan universitas, fakultas, badan wakaf dan seluruh sivitas akademika,” tutur Masduki melalui keterangan tertulis.

“Proses demokrasi di kampus dalam memilih pemimpin itu adalah hal yang biasa dan reguler. Kebetulan kita setiap empat tahun mendapatkan hajatan seperti ini. Hal itu kita harapkan menjadi satu tradisi yang berlangsung dengan penuh kolaboratif.”

Advertisement

Pemilihan Rektor UII telah melalui tahapan yang cukup panjang, dimulai sejak Oktober 2021 yang lalu. Berdasarkan aspirasi dari civitas akademika, Yayasan Badan Wakaf selaku lembaga tertinggi di UII menunjuk Fathul Wahid.

Masduki mengatakan Pilrek UII tahun ini juga telah mampu merekam berbagai gagasan selama penyelenggaraan..

“UII terdiri dari tiga diksi: universitas, Islam dan Indonesia. Ini suatu kombinasi unik antara tugas penyedia dan inovator ilmu pengetahuan yang universe, holistik, dengan amanah untuk meneguhkan nilai-nilai ke-Islam-an dalam rumah besar bernama Indonesia yang majemuk,” ujar Masduki.

BACA JUGA: Unik, Universitas Sanata Dharma Gelar 10 Kali Wisuda

Advertisement

Dia menjelaskan sesuai dengan periodisasi masa jabatan, pada 1 Juni 2022 Rektor Terpilih akan dilantik. “Ini batas awal periode kepimpinan UII bergerak dari hasil pemilihan yang sekarang,” kata dia.

Masduki mengatakan tantangan pemilihan rektor selanjutnya adalah bagaimana tetap mempertahankan angka partisipasi dan memperkaya ruang-ruang untuk semua orang dapat menyampaikan gagasan sehingga bisa dijadikan modal sosial bagi pemegang estafet kepemimpinan. “Pilrek adalah ruang publik untuk menyampaikan gagasan strategis yang ditujukan untuk calon pemimpin UII,” ujar Masduki.

 

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Siaran Pers

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Pekan Ini Jembatan Kretek 2 Diresmikan

Pekan Ini Jembatan Kretek 2 Diresmikan

Jogjapolitan | 10 hours ago

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Naik Status Jadi Awas, Gunung Semeru Alami 22 Kali Letusan

News
| Senin, 05 Desember 2022, 00:47 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement