Advertisement

Pemda DIY Melibatkan UMKM di Perhelatan G20

Yosef Leon
Minggu, 13 Maret 2022 - 19:07 WIB
Budi Cahyana
Pemda DIY Melibatkan UMKM di Perhelatan G20 G20 Presidensi Indonesia. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemda DIY akan melibatkan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk ikut ambil bagian dalam perhelatan G20 atau Group of Twenty pada 22 hingga 25 Maret 2022 mendatang.

BACA JUGA: Korban Robot Trading Fahrenheit, Warga Bantul Kehilangan Rp825 Juta dalam Sekejap

DIY menjadi salah satu daerah yang dipilih sebagai tuan rumah selain Bali dan Jakarta. Agenda pokok G20 di DIY membicarakan seputar pengenalan budaya.

Empat tema penting yang dibicarakan oleh 19 negara dengan perekonomian besar dunia plus satu lembaga Uni Eropa ini yaitu pendidikan, lingkungan hidup, kesehatan, dan juga ketenagakerjaan. "Ada empat tema itu yang dibahas Maret ini. Tanggalnya sekitar belasan sudah dimulai," kata Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji, Minggu (13/3/2022).

Kadarmanta mengatakan sektor UMKM yang dilibatkan itu akan memajang produk unggulan sesuai dengan lokasi delegasi anggota. Produk-produk yang ditampilkan disebut telah diseleksi untuk ditempatkan sesuai dengan tema pembahasan di masing-masing tempat.

"Tapi sampai sekarang jumlahnya belum final. Nanti akan kami atur berdasarkan tempat dan lokasi kedatangan delegasi," kata dia.

Kadarmanta memastikan pengecekan kesehatan akan dimaksimalkan dalam penyelenggaran G20 nanti. Sekretariat Daerah telah mengintruksikan kepada Dinas Kesehatan DIY untuk menempatkan posko terpadu di masing-masing tempat delegasi menginap guna pengawasan terkait Covid-19. Sebab DIY masih menerapkan aturan PPKM level 4 sampai dengan 14 Maret nanti.

“Harus ada pengetatan dan setiap aktivitas kami tes. Setiap hari ada cek kondisi kesehatan,” ucap dia.

BACA JUGA: Erupsi Merapi Tak Berpengaruh, Wisata Sekitar Lereng Gunung Tetap Ramai

Sebelumnya, Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Sigit Reliantoro pada audiensi yang dilakukan dengan Pemda DIY beberapa waktu lalu menjelaskan sejumlah lokasi yang berkaitan dengan kebudayaan dalam perhelatan G20 di Jogja. Lokasi tersebut adalah Kraton Jogja, Candi Prambanan, Desa Batik Giriloyo, serta Teater Sendratari Ramayana.

Advertisement

Tidak kurang dari 28 negara dan lima organisasi dunia akan ikut serta dalam kegiatan ini.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

TRAGEDI KANJURUHAN: Lakukan Investigasi, Kapolri Dalami Prosedur Pemakaian Gas Air Mata

News
| Minggu, 02 Oktober 2022, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Perhatian! Sewa Jip di Tebing Breksi Bakal Naik Rp50.000 Mulai 1 November 2022

Wisata
| Minggu, 02 Oktober 2022, 18:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement