Advertisement

Erupsi Merapi Tak Berpengaruh, Wisata Sekitar Lereng Gunung Tetap Ramai

Lugas Subarkah
Minggu, 13 Maret 2022 - 12:17 WIB
Budi Cahyana
Erupsi Merapi Tak Berpengaruh, Wisata Sekitar Lereng Gunung Tetap Ramai Sejumlah wisatawan mendatangi objek wisata di lereng Merapi, Sabtu (12/3/2022). - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Meski aktivitas Gunung Merapi meningkat dalam beberapa hari terakhir, wisata di sekitar lereng Gunung Merapi masih ramai pada akhir pekan.

BACA JUGA: Bakal Dibangun JPG Malioboro, Ini Ruangan DPRD DIY yang Dipertahankan

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Di sekitar Kalurahan Kepuharjo, Kapanewon Cangkringan, ratusan jip wisata terlihat berlalu-lalang mengantarkan wisatawan berkeliling.

Di kalurahan tersebut terdapat sejumlah objek wisata seperti The Lost World Castle, Stonehenge, Rumah Hobbit, Kopi Merapi dan lainnya. Puluhan wisatawan memadati beberapa objek wisata yang berjarak 7 kilometer (km) dari puncak Merapi tersebut.

Direktur Operasional The Lost World, Ahmad Saukani, menjelaskan sejumlah objek wisata di Kepuharjo ini berjarak 7 km dari puncak Merapi, sehingga dapat dipastikan aman dari aktivitas erupsi. Jarak ini di luar kawasan rawan bencana (KRB) yang telah ditetapkan yakni 5 km dari puncak.

Erupsi besar yang terjadi pada Rabu (9/3/2022) tengah malam tidak berpengaruh pada jumlah kunjungan wisata.  “Kalau erupsi engga begitu pengaruh. Tapi kalau bagi jip mungkin ketakutan ada,” ujarnya, Sabtu (12/3/2022)

Pada saat terjadi erupsi, menurutnya aktivitas di sejumlah objek wisata ini juga berjalan normal. “Waktu erupsi saya juga piket, normal saja. Beda kalau di Kalitengah, harus dievakuasi, di sana kan pintunya [awan panas],” katanya.

BACA JUGA: Pesan Mbah Maridjan agar Merapi Ora Nesu Viral Lagi

Advertisement

Jumlah wisatawan saat ini menurutnya memang sudah turun sejak Februari lalu. Jumlah wisatawan sudah turun sampai paling banyak 80% dibanding Januari lalu, disebabkan penerapan Pemberlakuan Pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Saat ini, pada hari libur atau akhir pekan rata-rata pengunjung tidak sampai 500 orang dalam sehari. Hal ini turun banyak dibandingkan dengan pertengahan Desember 2021 hingga Januari 2022 lalu, ketika pengunjung bisa mencapai 1.000 orang di akhir pekan.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ini Mekanisme yang akan Digunakan OJK untuk Awasi Aset Kripto dan Bursa Karbon

News
| Jum'at, 09 Desember 2022, 13:37 WIB

Advertisement

alt

Ikut Genjot Kualitas SDM Desa Wisata, Ini yang Dilakukan oleh BCA

Wisata
| Kamis, 08 Desember 2022, 23:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement