Advertisement

Viral Kuda Andong Malioboro Tertunduk Lesu Kehujanan, Warganet Merasa Kasihan

Sunartono
Jum'at, 25 Maret 2022 - 09:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Viral Kuda Andong Malioboro Tertunduk Lesu Kehujanan, Warganet Merasa Kasihan Tangkapan layar kuda andong Malioboro tertunduk karena kehujanan - TikTok

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Malioboro lagi-lagi viral di media sosial. Kali ini sebuah video menunjukkan kuda andong yang ditinggalkan kusirnya. Kuda tersebut yang tampak kehujanan tertunduk lesu. Video ini pun memantik komentar puluhan ribu warganet.

Video tersebut pertama kali diunggah oleh akun TikTok @Meonglagidingin pada Rabu (23/3/2022) malam. “Semoga kuda yang di luar ga alami kaya gini juga,” tulis akun @meonglagi dingin sembari mengunggah video tersebut.

Advertisement

Di video tersebut tampak tersisa satu andong yang parkir di Celukan Jalan Malioboro. Tempat parkir ini memang dikhususkan untuk kendaraan tradisional andong yang dibangun Pemda DIY pada 2017 silam sejalan dengan revitalisasi Malioboro.

Andong dengan kuda berwarna putih itu telah ditinggal kusirnya karena hujan deras. Di tengah hujan deras tersebut, terlihat kuda tertunduk menahan gempuran air hujan.

Sontak video tersebut menimbulkan beragam komentar warganet yang meminta pemerintah untuk memberikan perlindungan kepada hewan seperti kuda yang dipakai untuk menarik andong. Hingga Jumat (25/3/2022) video tersebut telah dikomentari 22.600 akun di kolom komentar Tiktok dan menjadi viral di linimasa.

Baca juga: Viral PKL Teras Malioboro Jual Wingko Berjamur, Sultan Angkat Bicara

Video tersebut juga diunggah kembali oleh akun Instagram @Wonderfulljogja dengan menyertakan sumber video dari akun @meonglagidingin pada Kamis (24/3/2022) malam. Dikomentari sebanyak 1.220 warganet hingga Jumat (25/3/2022) pagi.

Sebagian besar warganet di Tiktok merasa kasihan melihat kondisi Kuda tersebut. “Di Malioboro kan? Sering bnget liat gitu tiap hujan, kasian pengen nolong ga bisa,” tulis akun Luna di kolom komentar.

Adapun di akun Instagram, beberapan netizen memberikan saran penanganan ke Pemda DIY. “Minta Pemda untuk membuatkan pemberhentian andong ketika hujan,” tulis akun danang.ragil.

Kepala Dinas Perhubungan DIY Ni Made Dwipanti saat dimintai konfirmasi terkait video viral tersebut menyatakan untuk parkir transportasi tradisional di Malioboro sudah tersedia. Hanya saja memang tidak ada yang secara khusus memiliki atap.

“Untuk parkir kendaraan tradisional yang seperti sudah disediakan di celukan [Malioboro], kalau parkir beratap kami belum ada rencana ke sana,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement