Advertisement

Pemkab Kulonprogo Raih Opini WTP Kesembilan

Yudhi Kusdiyanto
Jum'at, 25 Maret 2022 - 22:12 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Pemkab Kulonprogo Raih Opini WTP Kesembilan Kepala BPK Perwakilan DIY, Jariyatna (kiri) menyerahkan hasil audit LKPD Kabupaten Kulonprogo 2021 kepada Bupati Kulonprogo, Sutedjo (tengah), dan Ketua DPRD Kulonprogo, Akhid Nuryati (kanan) di Kantor BPK Perwakilan DIY, Kota Jogja, Jumat (25/3/2022). - Istimewa/Humas Pemkab Kulonprogo

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Untuk kesembilan kalinya laporan keuangan Pemkab Kulonprogo mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Penyerahan hasil audit atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2021 tersebut diserahkan oleh Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan DIY kepada Bupati Kulonprogo dan Ketua DPRD Kulonprogo di Kantor BPK Perwakilan DIY, Kota Jogja, Jumat (25/3/2022).

Kepala BPK Perwakilan DIY, Jariyatna mengapresiasi capaian WTP yang diraih Pemkab Kulonprogo selama ini. Meski demikian, meskipun secara umum hasil audit LKPD 2021 Pemkab Kulonprogo menunjukkan hasil WTP, ada beberapa catatan rekomendasi yang harus ditindaklanjuti guna mewujudkan tata kelola keuangan yang lebih baik.

"Dalam konteks ini [rekomendasi] perlu pengaturan yang komprehensif secara detail di antaranya soal pengawasan, pengelolaan data yang terintegrasi antarperangkat daerah. Dengan rekomendasi ini ada perbaikan di beberapa poin," kata Jariyatna seperti dalam rilis yang diterima Harian Jogja, Jumat.

Bupati Kulonprogo, Sutedjo berterima kasih atas raihan WTP untuk kesembilan kalinya ini. Selanjutnya, Bupati meminta BPK untuk tetap mendampingi Pemkab Kulonprogo dalam menindaklanjuti rekomendasi hasil audit. "Kami berterima kasih atas koreksi, masukan dan pendampingan dalam rangka penyelesaian proses pemeriksaan LKPD selama ini. Terhadap temuan yang ada kami menyusun action plan, dan selanjutnya kami meminta bimbingan dan arahan dari BPK guna menindaklanjuti hasil audit agar bisa berjalan tepat waktu," kata Sutedjo.

Ditambahkan Sutedjo, jajarannya berkomitmen untuk melakukan perbaikan dalam pengelolaan keuangan dengan menjalankan dan menerapkan praktik pengelolaan yang baik, sehingga ada percepatan dalam penyelesaian laporan keuangan

Ketua DPRD Kulonprogo, Akhid Nuryati mengatakan hasil ini [opini WTP] menunjukkan kinerja keuangan Pemkab berhasil dengan baik dan telah menyelenggarakan standar akuntansi yang berlaku umum dengan baik. "Kami patut bersyukur bahwa kinerja Pemkab Kulonprogo beberapa tahun tahun ini telah berhasil dengan baik yang dibuktikan dengan opini WTP dari BPK," kata Akhid.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Streaming Starjoja FM
alt

Uang Baru Diluncurkan, Ganjar Terima Duit dengan Nomor Cantik

News
| Kamis, 18 Agustus 2022, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Paspor Indonesia Tanpa Kolom Tanda Tangan untuk Permohonan Visa Jerman Tetap Diproses

Wisata
| Kamis, 18 Agustus 2022, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement