Advertisement

Apa Kata GKR Hemas soal Kepemimpinan Nasional 2024?

Yosef Leon
Sabtu, 26 Maret 2022 - 17:07 WIB
Galih Eko Kurniawan
Apa Kata GKR Hemas soal Kepemimpinan Nasional 2024? Diskusi Pemilih Pemula Penentu Masa Depan Bangsa sekaligus sosialisasi empat pilar kebangsaan, Sabtu (26/3/2022). - Harian Jogja - ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Anggota Dewan Perwakilan Daerah Gusti Kanjeng Ratu Hemas berpendapat generasi muda khususnya para pemilih pemula akan menjadi aktor penting yang menentukan pemimpin nasional pada pemilihan umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Hemas menilai pemilih pemula yang pada 2024 nanti berumur 17 hingga 21 tahun merupakan generasi yang punya skill digital dan sangat sadar akan politik.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

“Kelestarian nilai-nilai Pancasila, UUD 45, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan juga Bhineka Tunggal Ika terletak pada pemilih pemula yang menjadi tulang punggung dari generasi muda Indonesia,” kata Hemas dalam diskusi bertema Pemilih Pemula Penentu Masa Depan Bangsa sekaligus sosialisasi empat pilar kebangsaan, Sabtu (26/3/2022).

Menurut dia, terdapat sejumlah peristiwa yang menunjukkan peran besar dari pemuda dalam sejarah perjalanan bangsa sewaktu pergantian kekuasaan, antara lain Rengas Dengklok 1945, Aksi Tritura 1966 dan Reformasi 1998. Pada saat ini tentunya semua itu dilakukan dengan sistem demokrasi melalui Pemilu.

Diskusi ini juga menyinggung soal pentingnya literasi digital bagi kaum muda sekaligus pula tentang perlunya endorsement dari pemerintah agar kelompok tua bisa lebih sadar terhadap dunia digital.

Hemas turut meminta agar generasi muda teliti dan berhati-hati dalam berinteraksi dengan media sosial (medsos). Perkembangan dunia digital dan media sosial sangatlah cepat, tetapi generasi muda tidak boleh terlepas dari nilai-nilai Pancasila dan keindonesiaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jasad Pasutri asal Karanganyar Ditemukan Mengapung di Sungai Bengawan

News
| Senin, 30 Januari 2023, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Tanggal Tua tapi Pengin Piknik? Bisa kok

Wisata
| Minggu, 29 Januari 2023, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement