Advertisement

Pembebasan Lahan Beres, Pelabuhan Gesing Siap Dibangun

David Kurniawan
Minggu, 27 Maret 2022 - 12:07 WIB
Jumali
Pembebasan Lahan Beres, Pelabuhan Gesing Siap Dibangun rnrnAktivitas di Pantai Gesing di Kalurahan Girikarto, Kapanewon Panggang. Di wilayah ini akan dibangun pelabuhan pendaratan ikan dan proses sudah memasuki tahapan pembebasan lahan. foto diambil 28 Februari 2021-Harian Jogja - David Kurniawan\\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, PANGGANG – Pemerintah Kalurahan Girikarto, Kapanewon Panggang memastikan lahan untuk pembangunan Pelabuhan Gesing tidak ada masalah. Pasalnya, total lahan yang dibutuhkan seluas 4,8 hektare sudah dibebaskan seluruhnya. Praktis, proses tinggal pembangunan Pelabuhan Gesing yang direncanakan di mulai tahun ini.

Lurah Girikarto, Sumardiyono mengatakan, pembebasan lahan untuk Pelabuhan Gesing dilaksanakan tahun lalu. Total lahan yang dibutuhkan seluas 4,8 hektare dan anggaran pembebasan mencapai Rp25 miliar.

Advertisement

Ia mengakui proses pembebasan tidak bisa berlangsung secara serempak. Pasalnya, dari 42 bidang tanah yang ada, sempat ada sembilan bidang yang belum dibebaskan.

Meski demikian, Sumardiyono memastikan sembilan bidang tersisa telah dibebaskan sebelum akhir 2021.

“Semua sudah beres dan tidak ada masalah,” katanya, Minggu (27/3/2022).

Menurut dia, sudah tidak ada permasalahan dengan pembebasan lahan. Untuk saat ini, tinggal menunggu realisasi pembangunan yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah DIY, melalui Dinas Kelautan dan Perikanan.

“Itu yang masih menunggu informasi lanjutan. Kabarnya akan mulai dibangun di tahun ini,” katanya.

Sumardiyono pihaknya mendukung penuh rencana Pemerintah DIY membangu pelabuhan di Pantai Gesing. Diharapkan, fasilitas tersebut dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya bagi para nelayan di wilayah Girikarto.

“Kawasan Gesing menjadi primadona baru wisatawan karena adanya destinasi unggulan yang bermunculan. Mudah-mudahan dengan adanya pelabuhan bisa berdampak positif bagi masyarakat,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement