Advertisement

Warga Tunggu Realisasi Pembangunan Pelabuhan Gesing

David Kurniawan
Selasa, 15 Juni 2021 - 15:27 WIB
Budi Cahyana
Warga Tunggu Realisasi Pembangunan Pelabuhan Gesing Sejumlah pengunjung sedang bermain di Pantai Gesing, Kalurahan Girikarto, Panggang, 26 Februari 2021. Kawasan ini akan disulap menjadi pelabuhan pendaratan ikan oleh Pemerintah DIY. - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Pemerintah Kalurahan Girikarto, Panggang, mendukung wacana pembangunan pelabuhan pendaratan ikan di Pantai Gesing. 

Lurah Girikarto Tuyadi mengatakan pembangunan pelabuhan di Pantai Gesing sudah disosialisasikan. Menurut dia, kalurahan juga ikut dalam kegiatan tersebut karena mendukung upaya pembangunan agar perekonomian sekitar bisa meningkat seiring adanya pelabuhan.

Advertisement

“Mudah-mudahan bisa segera terealisasi,” kata Tuyadi, Selasa (15/6/2021).

Dia menjelaskan pelabuhan membutuhkan lahan seluas 4,8 hektare. Lahan akan dibebaskan Pemsa DIY.

“Warga menunggu realisasi pembebasan lahan. Hingga sekarang belum ada informasi akan ada pembelian tanah untuk pembangunan,” kata dia.

Tuyadi mengungkapkan kawasan Pantai Gesing saat sekarang menjadi primadona baru. Ia berharap keberadaan pelabuhan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih baik lagi. “Tentunya dengan adanya peningkatan roda perekonomian bisa berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat sekitar,” imbuhnya.

Hal tak jauh berbeda diungkapkan oleh salah seorang nelayan di Pantai Gesing, Supardi. Menurut dia, nelayan tidak keberatan dengan adanya pelabuhan yang akan dibangun oleh pemerintah. “Kami berharap wacana itu bisa meningkatkan kesejahteraan para nelayan,” katanya.

Supardi menjelaskan, warga sudah mendapatkan sosialisasi sebanyak empat kali. Di dalam kegiatan ini, warga tidak hanya diberikan informasi terkait dengan pembangunan, tetapi juga pembebasan lahan untuk mendukung realisasi program. “Nantinya pelabuhan dibangun dari pantai sampai ke utara. Total lahan yang dibutuhkan mencapai lima hektare dan ini butuh pembebasan karena ada yang milik pribadi,” ungkapnya.

Selain itu, juga ada sosialisasi tentang akses ke pelabuhan berupa jalan baru guna menunjang kemudahan keluar masuknya kendaraan. “Tidak melewati jalur yang ada sekarang ini. Sebelum masuk Pantai Gesing ada pertigaan, rencananya lewat situ dan nantinya akan terhubung dengan jalur di utara Gesing yang sekarang masih jalan setapak,” katanya.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Gunungkidul Krisna Berlian mengatakan pembangunan pelabuhan masih dalam penyusunan DED dan amdal. Menurut dia, total kebutuhan lahan untuk pelabuhan seluas 15 hektare. Sekitar 4,5 hektare untuk pelabuhan dan sisanya dimanfaatkan untuk pembangunan sarana prasarana pendukung.

“Kalau untuk kepastian pembangunan kami serahkan ke Pemerintah DIY. Yang jelas, kami mendukung program ini,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Pemkot Jogja Bakal Tambah Kapasitas TPS 3R

Pemkot Jogja Bakal Tambah Kapasitas TPS 3R

Jogjapolitan | 55 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Diserang Israel, Iran Sebut Fasilitas Nuklir Aman dan Siap Membalas dengan Rudal

News
| Jum'at, 19 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement