Advertisement

Paket Bukber Bisa Jaga Kunjungan Wisata DIY saat Ramadan

Ujang Hasanudin
Senin, 28 Maret 2022 - 11:47 WIB
Galih Eko Kurniawan
Paket Bukber Bisa Jaga Kunjungan Wisata DIY saat Ramadan Sejumlah wisatawan berkunjung ke Tamansari Jogja di hari terakhir pemberlakuan PPKM level 4, Senin (14/3/2022). - Harian Jogja/Yosef Leon Pinsker

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Pengelola wisata disarankan membuat inovasi paket buka bersama (bukber) untuk menjaga tingkat kunjungan wisata saat bulan puasa nanti mengingat setiap Ramadan, objek wisata mesti sepi pengunjung.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharja, seusai menghadiri Silaturahmi Nasional Warga Kabupaten Bantul di Parasamya Pemkab Bantul, Minggu (27/3/2022).

Advertisement

“Pengelola wisata tidak boleh menyerah dengan kondisi tersebut tetapi harus berinovasi menyiapkan program paket ngabuburit dan paket buka dengan menyasar wisatawan lokal,” kata Singgih.

Biasanya warga lokal atau komunitas-komunitas kerap mengadakan acara ngabuburit dan bukber. Momen tersebut harus ditangkap oleh pengelola wisata untuk menyiapkan paket bukber sehingga objek wisata tetap dikunjungi wisatawan.

Selain itu, Singgih juga meminta momen Ramadan digunakan untuk berbenah, menyiapkan sarana dan prasarana untuk menyambut lebaran Idulfitri yang biasanya wisatawan membeludak saat syawal mendatang. Terlebih Pemerintah Pusat dimungkinkan tidak akan melarang mudik lebaran tahun ini.

“Pastikan sarana dan prasarana siap seperti aplikasi Peduli Lindungi, CHSE dan SDM juga dipastikan juga dipastikan harus siap menyambut momen Idulfitri karena wisatawan biasanya membludak,” ucap Singgih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PBB Tegaskan Serangan Darat Israel ke Rafah Tak Dapat Ditoleransi

News
| Selasa, 07 Mei 2024, 08:57 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement