Advertisement

Sultan Jogja Ragu Kewajiban Vaksin Booster untuk Pemudik Bisa Berjalan

Sunartono
Senin, 28 Maret 2022 - 17:47 WIB
Budi Cahyana
Sultan Jogja Ragu Kewajiban Vaksin Booster untuk Pemudik Bisa Berjalan Pelaksanaan vaksinasi dengan menghadirkan karakter superhero untuk menghibur siswa di SD Masjid Syuhada, Kota Jogja, Senin (10/1/2022). - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJAGubernur DIY Sri Sultan HB X mengatakan sulit mengontrol pemudik yang sudah disuntik vaksin booster.

BACA JUGA: Terbaru! Skuter Listrik Dilarang dari Tugu, Malioboro sampai Titik Nol Kilometer

Advertisement

HB X mempertanyakan cara efektif memastikan pemudik sudah divaksin tiga kali sebagaimana syarat yang diajukan Pemerintah Pusat. “Saya kira ketentuannya sudah ada, tetapi sekarang pertanyaan cara mengontrolnya bagaimana? Dia sudah booster atau belum? Masak kita tanya satu per satu? Ya kan?” ucapnya di DPRD DIY, Senin (28/3/2022).

Cara penyekatan saat mudik seperti tahun sebelumnya juga tidak mungkin lagi dilakukan. Apalagi penyekatan hanya untuk menanyakan apakah pemudik sudah booster atau belum. “Mosok disekat mung ditekoni, kamu sudah booster belum, mesti jawabe sudah, ora mungkin ora? Tetapi apa betul atau tidak gimana membuktikan? Kecuali semua ada surat keterangan itu,” katanya.

HB X menilai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat untuk taat prokes menjadi lebih penting. Ia berharap saat Ramadan hingga lebaran nanti kasus Covid-19 terus membaik.

BACA JUGA: Waduh...Ambulans Pembawa Jenazah Terguling di Jalan Prambanan-Piyungan

“Kita tunggu sampai dua minggu [pekan], semoga kondisinya seperti ini terus, nanti memasuki Ramadan kondisinya lebih baik, paling sedikit sudah turun. Tetap bahwa pandemi ini belum hilang, tetap saling menjaga untuk tetap sehat. Sehingga jangan sampai naik lagi,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement