Advertisement

Pembeli Sepi, Pedagang Pantai Depok Kini Hanya Mengandalkan Momen Lebaran

Catur Dwi Janati
Senin, 11 April 2022 - 19:17 WIB
Arief Junianto
Pembeli Sepi, Pedagang Pantai Depok Kini Hanya Mengandalkan Momen Lebaran Wisatawan membeli ikan segar di Pasar Ikan Segar Pantai Depok Parangtritis, Bantul, Selasa (19/6/2018). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Pedagang Pasar Ikan Pantai Depok harus lebih bersabar menyusul masih sepinya pembeli. Kini, mereka hanya bisa mengandalkan momentum libur Lebaran.

Salah satu pedagang ikan di Pasar Ikan Pantai Depok, Nunik menyampaikan bila penjualan ikan selama ramadan masih terus ada. Meski penjualan tak sebanyak dulu, kondisi ini dinilai lebih baik ketimbang ditutup.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

"Pasar ikan alhamdulillah ada pergerakan, walaupun tidak seramai dulu. Yang penting sabar, telaten, tetap jualan," ujarnya pada Senin (11/4/2022).

BACA JUGA: Polisi & Warga Grebek Markas Geng BHC di Palbapang Bantul, Celurit & Pedang Ditemukan

Kebanyakan konsumen membeli aneka ikan untuk bahan berbuka puasa. Disebutkan Nunik, jenis seafood yang digemari selama bulan puasa masih seputar ikan cakalang, udang dan cumi yang ekonomis. "Murah meriah, cakalang, udang, cumi," ujar dia.

Menurut Nunik, pasokan tangkapan laut dari nelayan memang sedang tak banyak. Rata-rata ikan yang berhasil ditangkap berjenis layur. Cuaca yang tengah sulit ditenggarai Nunik jadi penyebab tangkapan ikan menjadi sulit. "Ya masih ada nelayannya, meski hanya satu dua," ujarnya.

Di sisi lain, Nunik menyambut gembira libur Lebaran yang bakal berlangsung 10 hari nanti. Nunik senang, wisata bisa dibuka dan jumlah libur banyak. Meski demikian Nunik belum berani melakukan stok bahan-bahan pangan yang banyak, masih melihat situasi menjelang Lebaran nantinya.

BACA JUGA: Wisatawan di Bantul Diprediksi Melonjak, Ini Harapan PHRI

"Senang dibuka alhamdulillah, kami persiapan tidal banyak-banyak. Soalnya belum tahu nanti soalnya apa-apa juga mahal. Melihat situasi," ujar dia.

Salah satu pelaku usaha kuliner seafood Pantai Depok, Dardi Nugroho mengakui bila kondisi penjualan tengah sepi. Rata-rata konsumen yang datang hanya memesan sajian untuk berbuka, sedangkan pagi hingga siang rata-rata tidak ada pelanggan. "Untuk buka puasa, kalau paginya kosong," ujarnya.

Kendati demikian Dardi menanti-nanti momen libur lebaran kelak. Dia mulai menyiapkan stok bahan baku yang harganya terjangkau untuk keperluan warungnya selama Lebaran. "Kompletlah, sembilan bahan pokok itu dari beras, bawang, brambang, gula sudah saya siapkan," kata Dargon, sapaan akrabnya.

"Senang sekali Alhamdulilah, saya prediksi juga meledak karena sudah ada wacana dibuka dari P. Terus rencana jembatan [Kretek II] ini dibuka, ya Alhamdulillah, kami sambut dengan senang," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

2023, DPUPKP Bantul akan Aspal 39 Ruas Jalan

News
| Rabu, 08 Februari 2023, 10:17 WIB

Advertisement

alt

Meski Ada Gempa, Minat Masyarakat ke Turki Tak Surut

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement