Advertisement

Persewaan Mobil di Jogja Melonjak Jelang Lebaran, Harga Makin Mahal

Triyo Handoko
Kamis, 21 April 2022 - 17:57 WIB
Bhekti Suryani
Persewaan Mobil di Jogja Melonjak Jelang Lebaran, Harga Makin Mahal Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Penyewaan mobil di Jogja melonjak jelang Lebaran.

"Peningkatannya cukup signifikan mudik tahun ini dibanding dua tahun kebelakang," ujar Ika Januari, Sales Marketing Mita Transport. Terhitung per 22 Maret-9 Mei, semua armada Mita Transport yang berjumlah 30 kendaraan sudah tersewa penuh.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

"Kalau [lebaran] tahun kemarin malah tidak sampai penuh penyewaannya," kata Ika. Tingginya minat masyarakat menyewa mobil untuk lebaran membuat Mita Transport menaikan tarif sewanya. Jika sebelumnya harganya Rp400.000 per hari, pada mudik kali ini harganya jadi Rp500.000 per hari.

Bali jadi tujuan sewa mobil paling jauh di Mitra Transport pada mudik tahun ini. Sementara itu, meskipun menggunakan model lepas kunci Mitra Transport tak merasa khawatir karena sudah mengasuransikan semua mobilnya. "Kami juga memberlakukan syarat ketat untuk penyewaan dengan mengharuskan meninggalkan dokumen penting, seperti KTP, jaminan STNK, sampai NPWP," jelas Ika.

Peningkatan penyewaan mobil tak dirasakan Mitra Transport saja, Salsha Tour and Transport juga mengalaminya. Menggunakan model penyewaan mobil sekaligus sopir, Margono General Manager Salsha Tour and Transport, menyebut 10 armadanya sudah tersewa penuh dari 29 Maret-9 Mei.

"Jika dibanding sebelum pandemi memang jauh rendah ketersewaan kami tahun ini," kata Margono. Namun, dibanding dua tahun masa pandemi sebelumnya, tahun ini lebih baik.

Sementara itu, untuk harga sewa di Salsha Tour and Transport bervariatif sesuai tipe mobil. "Paling rendah harga sewa (mobil) per hari Rp 700 ribu, yang paling tinggi Rp 3 juta" jelasnya.

Jenis Honda Mobilio yang menempati harga sewa terendah dan Pajero sebagai mobil dengan harga sewa tertinggi. "Harga sewa tersebut sudah termasuk honor sopir dan bahan bakar mobilnya" ujar Margono.

Lalu, tujuan paling jauh penyewaan mobil di Salsha Tour and Transport adalah Bali. "Dibanding penyewaan model lepas kunci, lebih merasa aman dengan sopir" katanya.

BACA JUGA: Siskaeee Dituntut Setahun Penjara dan Denda Rp250 Juta

Family Transport juga mengalami peningkatan penyewaan mobil selama mudik lebaran tahun ini. Sembilan armada yang dimilikinya tersewa penuh selama 28 Maret-8 Mei.

"Tarif harga sewa naik lebaran tahun ini dari Rp 350 ribu per hari jadi Rp 450 ribu per hari" jelas Bruno Saputra, pemilik Family Transport. Tujuan sewa paling jauh pada lebaran ini, kata Bruno, adalah Malang, Jawa Timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Petinggi Golkar Curiga Ada Pihak Ingin Amandemen UUD 1945

News
| Rabu, 08 Februari 2023, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Meski Ada Gempa, Minat Masyarakat ke Turki Tak Surut

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement