Advertisement

Jalanan Jogja Bakal Penuh saat Lebaran, Pemudik Diminta Pakai Angkutan Umum

Sunartono
Selasa, 19 April 2022 - 12:47 WIB
Arief Junianto
Jalanan Jogja Bakal Penuh saat Lebaran, Pemudik Diminta Pakai Angkutan Umum Sebagai ilustrasi: Sejumlah kendaraan antre memasuki Gerbang Tol Cikampek Utama, Cikampek, Jawa Barat, Kamis (30/5). /ANTARA FOTO - Rivan Awal Lingga]

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Pemudik yang hendak menuju ataupun hanya melintasi DIY, benar-benar diimbau untuk menggunakan angkutan umum ketimbang kendaraan pribadi. Pasalnya, penggunaan kendaraan pribadi hanya akan membuat kepadatan di jalanan Jogja kian menjadi.

Direktur Lalu Lintas Polda DIY, Kombes Pol Iwan Saktiadi mengatakan berdasarkan perkiraan Pemerintah Pusat, DIY akan mendapatkan limpahan sekitar 3,9 pemudik dari total 85,5 juta pemudik seluruh Indonesia. 

BACA JUGA: Dishub Jogja Minta Wisatawan yang Ditipu Tukang Becak di Malioboro Melapor

Itulah sebabnya, dia berharap masyarakat bisa meminimalkan penggunaan kendaraaan pribadi dengan menggunakan angkutan umum saat mudik. Sejumlah program mudik bareng dan mudik gratis yang digulirkan baik pemerintah maupun swasta sebaiknya dimanfaatkan agar dapat mengurangi arus kendaraan pribadi saat Lebaran.

"Karena hanya dengan adanya kesadaran menggunakan transportasi umum yang dapat mengurangi kepadatan arus," kata dia, Selasa (19/4/2022).

Dia mengatakan puncak arus mudik pada H-1 atau H-2 yang harus diantisipasi. "Tetapi itu dinamis. Artinya DIY mengikuti Jakarta, kami lihat bagaimana Jakarta, karena sumber dari sana. Sehingga [akan dipantau] Cikampek kalau fluktuatif ya itu kami ikuti ritmenya. Selain itu barometernya adalah Kartasura, simpang tiga Kartasura kalau ke selatan padat, artinya itu yang ke Jogja juga bakal padat," ucap dia.

BACA JUGA: Viral Pengunjung JCM Lakukan Kekerasan ke Petugas Parkir hingga Luka Ringan

Lagipula, imbuh dia, kepadatan sudah pasti akan terjadi di nyaris semua titik di Jogja. "Karena jalurnya Jogja kan cuma itu-itu saja. Tetapi yang perlu diperhatikan adalah sudah ada personel di sepanjang jalan tersebut untuk membantu kelancaran para pemudik, harapan kami bisa bersabar karena memang nanti kemungkinan besar pasti padat. Kami tidak bisa ngomong itu lancar cuma pasti akan padat. Kami minta sabar ikuti petunjuk dan arahan petugas sehingga bisa sampai selamat di rumah,” ucapnya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Streaming Starjoja FM
alt

Alasan Polisi Enggan Beberkan Motif Pembunuhan Brigadir J

News
| Kamis, 11 Agustus 2022, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Jajal Keseruan Flying Fox Ledok Sambi, Solusi bagi yang Malas Lewat Tangga

Wisata
| Kamis, 11 Agustus 2022, 13:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement