Advertisement

Parangtritis Bakal Diserbu Wisatawan Lebaran, Retribusi Masuk Bisa Dibebaskan kalau....

Ujang Hasanudin
Selasa, 26 April 2022 - 13:47 WIB
Bhekti Suryani
Parangtritis Bakal Diserbu Wisatawan Lebaran, Retribusi Masuk Bisa Dibebaskan kalau.... Pantai Parangtritis, Bantul, didatangi para wisatawan pada Jumat (1/4/2022). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL- Sebanyak 89 personel akan ditempatkan di Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) pantai selatan (pansela) untuk menghindari kepadatan lalu lintas saat wisatawan Lebaran masuk objek wisata pantai. Dalam kondisi tertentu, retribusi masuk ke kawasan wisata kemungkinan dibebaskan.

Kepala Seksi Promosi dan Informasi Dinas Pariwisata Bantul Markus Purnomo Adi mengatakan 89 personel tersebut terdiri dari Dinas Pariwsiata, Polsek, Polairud, Koramil, dan TNI Angkatan Laut. “Total setiap hari yang bertugas dalam pengaman lebaran [di TPR Pansela] adalah 89 orang,” kata Markus, saat dihubungi Selasa (26/4/2022).

Ipung merinci dari 89 tersebut terbagi di sejumlah TPR dan paling banyak di TPR Parangtritis sebanyak 27 orang, TPR Pantai Depok 16 orang, TPR Pantai Samas 12 orang, TPR Goa Cemara delapan orang, TPR Pantai Kuwaru delapan orang, dan TPR Pantai Pandansimo sebanyak 10 orang.

Mereka mulai bertugas selama lima hari atau 3-8 Mei mendatang karena tanggal tersebut diprediksi terjadi kepadatan wisatawan yang berkunjung ke objek wisata yang dikelola Pemkab Bantul.

BACA JUGA: Dituduh Meledek Anak Berkebutuhan Khusus, Zinidin Zidan: Demi Tuhan Tidak Ada Niat

Untuk menghindari antrean panjang kendaraan wisatawan di TPR, kata pria yang akrab disapa Ipung ini, petugas pemungut retribusi akan melakukan jemput bola pada wisatawan. Namun khusus di TPR Parangtritis jika antrean panjang sampai melebihi Jembatan Kretek maka tidak menutup kemungkinan wisatawan akan diloloskan tanpa dipungut retribusi, “Biasanya kalau macet diloloskan polisi,” ucap Ipung.

Pihaknya juga sudah mengusulkan agar bus-bus besar yang hendak ke Parangtritis dialihkan melalui jalur Pundong. Jalur tersebut merupakan jalur alternatif menuju Paarangtritis. “Kami sudah mengusulkan jalur ke Polres dan Dinas Perhubungan bahwa kendaraan roda enam lewat sempalan Pundong-Seloharjo-Selatan Jembtan Kretek,” katanya.

Kapolres Bantul, AKBP Ihsan mengatakan obejk-objek wisata akan mulai ramai pada H+1 Lebaran sehingga semua jalur wsiata diprediksi akan terjadi kepadatan. Namun pihaknya sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas di antaranya dengan memberlakukan one way atau jalan satu arah di Jalan Parangtritis, “Wisatawan yang masuk semuanya lewat TPR Parangtritis, sementara pulangnya bisa melalui TPR pantai Depok,” katanya.

Selain itu adanya pengalihan jalur agar kendaraan tidak menumpuk di Jalan Parangtritis, di antaranya dialihkan melalui jalur Pundong yang tujuannya sama-sama ke Pantai Parangtritis. Selain itu pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata agar jika terjadi kepadatan di TPR Parangtritis terlebih antrean kendaraan melebihi jembanatan Kretek maka wisatawan diloloskan tanpa ditarik retribusi, “Tentunya ini kondisional ya tergantung kondisi di lapangan nanti seperti apa,” tandas Ihsan.

 

Advertisement

 

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Streaming Starjoja FM
alt

Rayakan HUT TI, Warga Segrumung Kaget Didatangi Ganjar Pranowo

News
| Kamis, 18 Agustus 2022, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Paspor Indonesia Tanpa Kolom Tanda Tangan untuk Permohonan Visa Jerman Tetap Diproses

Wisata
| Kamis, 18 Agustus 2022, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement