Advertisement

Pemilu 2024: BEM Seluruh DIY Diberi Sosialisasi terkait Pemilih Muda

Sunartono
Rabu, 27 April 2022 - 09:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Pemilu 2024: BEM Seluruh DIY Diberi Sosialisasi terkait Pemilih Muda Mahasiswa yang diwakili pengurus BEM di DIY mengikuti sosialisasi Pemilu 2024, Selasa (27/4/2022). - Harian Jogja/Sunartono

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Sebanyak 49 pengurus BEM dari berbagai perguruan tinggi seluruh DIY menghadiri kegiatan Sosialisasi Pelaksanaan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 di salah satu hotel kawasan Malioboro, Selasa (27/4/2022). Kegiatan itu untuk memberikan pendidikan politik kepada mahasiswa sebagai pemilih muda pada Pemilu 2024.

Direktur Kewaspadaan Nasional Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Sri Handoko Taruna memastikan pemerintah sampai saat ini konsisten untuk menjalankan proses dalam pelaksanaan Pemilu 2024. Menggandeng KPU selaku penyelenggara saat ini pemerintah terus menjalankan proses sesuai dengan aturan yang berlaku.

Komunikasi dan sosialisasi dengan mahasiswa menurutnya menjadi salah satu hal penting agar informasi tersampaikan dengan baik. Apalagi mereka termasuk salah satu pemilih muda pada Pemilu mendatang. Sehingga perlu diberikan pemahaman terkait proses dan tahapan Pemilu 2024.

“Kami memulainya dari Jogja untuk pertama kalinya melalui kegiatan komunikasi sosial ini, bagaimana kami bisa memberikan pendidikan politik untuk mahasiswa,” katanya di sela-sela kegiatan.

Baca juga: Bakesbangpol DIY Bangun Komunikasi Hadapi Pesta Demokrasi

Ia berharap dengan melakukan komunikasi secara langsung ke mahasiswa, sehingga informasi bisa tersampaikan lebih akurat. Di sisi lain mahasiswa bisa memahami apa yang sedang dijalankan pemerintah bersama KPU dalam berbagai tahapan Pemilu 2024. Mereka bisa menyampaikan informasi tersebut di komunitas maupun sesama mahasiswa lainnya.

“Jika ada wacana berbeda saya yakin mahasiswa akan lebih paham kalau disampaikan ahlinya, sehingga kami menghadirkan KPU [DIY]. Agar mahasiswa juga memahami apa yang dijalankan pemerintah dan apa yang sedang dijalankan KPU sebagai penyelenggara pemilu. Semoga menjadi agen bercerita ke lingkungan dan teman-temannya. Hari ini memang fokus ke mahasiswa,” katanya.

Ketua Forum BEM DIY Abdullah Ariansyah menyatakan dukungannya terhadap pendidikan politik pada pemilih pemuda yang digelar Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum. Diskusi dan komunikasi dengan pemerintah dan KPU menurutnya dibutuhkan untuk memberikan pencerahan kepada mahasiswa selaku pemilih muda. “Sebagai pemilih muda tentu perlu mendapatkan informasi terkait tahapan pemilu, selain itu menjadi bagian dari pendidikan politik,” kata mahasiswa ITN Yogyakarta ini.

Ariansyah menegaskan mahasiswa akan tetap menjalankan perannya sebagai mitra kritis pemerintah. Ketika pemerintah memiliki program yang pro terhadap rakyat tentu harus didukung demi kebaikan bersama. “Sebaliknya ketika ada kebijakan yang tidak pro rakyat tentu kami akan memberikan masukan,” katanya.

Ketua KPU DIY Hamdan Kurniawan menilai pentingnya tahapan penyelenggaraan Pemilu 2024 dikomunikasikan dengan mahasiswa, sekaligus memastikan bahwa Pemilu bakal digelar di 2024 dan saat ini proses telah dimulai. Penyelenggara telah siap, baik dari sisi penyiapan tahapan Pemilu, regulasi teknis, teknologi informasi maupun sumber daya manusia. Pemerintah sudah berkomitmen mendukung baik anggaran maupun dukungan teknis untuk pelaksanaan Pemilu tepat waktu. Di sisi lain, melalui pendidikan politik kepada pemilih muda tersebut, ia berharap mahasiswa ikut berpartisipasi.

Advertisement

“Sebagaimana yang sudah ditetapkan tanggal pemungutan suaranya oleh KPU. Kami juga mengajak mahasiswa untuk mengambil partisipasi sebagai penyelenggara Pemilu karena Pemilu ke depan membutuhkan anak-anak muda yang cekatan, melek teknologi dan berintegritas,” ujarnya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Jogja Macet, Berkah bagi Pedagang

Jogja Macet, Berkah bagi Pedagang

Jogjapolitan | 6 hours ago

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Viral Unggahan JKT48 Dilecehkan di Mal Solo, Gibran Geram

News
| Minggu, 03 Juli 2022, 23:07 WIB

Advertisement

alt

7 Makanan Indonesia Favorit Dunia

Wisata
| Sabtu, 02 Juli 2022, 11:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement