Advertisement

Bakesbangpol DIY Bangun Komunikasi Hadapi Pesta Demokrasi

Media Digital
Rabu, 20 April 2022 - 19:17 WIB
Arief Junianto
Bakesbangpol DIY Bangun Komunikasi Hadapi Pesta Demokrasi Suasana forum komunikasi politik yang diselenggarakan Kesbangpol DIY pada Rabu (20/4/2022). - Harian Jogja/Sirojul Khafid

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) DIY menyelenggarakan forum komunikasi politik dengan tema Peran Partai Politik Dalam Kehidupan Berdemokrasi Menjelang Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024 pada Rabu (20/4/2022).

Kepala Bidang Politik Dalam Negeri Bakesbangpol DIY, Slamet mengatakan kegiatan ini menjadi salah satu upaya dalam membangun komunikasi dengan instansi penyelenggara pemilih sebagai persiapan menghadapi Pemilu dan Pilkada serentak. Terlebih mendekati hari pelaksanaan biasanya gejolak politik akan memanas di masyarakat. 

"Pemilu dan Pilkada Serentak sudah di depan mata. Pesta demokrasi lima tahunan ini akan diselenggarakan pada 14 Februari 2024 untuk Pemilu dan 27 November 2024 untuk Pilkada serentak. Pada tahun ini tahapan Pemilu akan dimulai dengan proses pendaftaran dan penetapan partai politik peserta Pemilu," katanya, Rabu.

BACA JUGA: Puan Maharani Tebar Bantuan 5.000 Paket Beras dan Gula di Jogja

Untuk itu, diperlukan persiapan yang matang dan upaya strategis untuk meminimalkan konflik di masyarakat agar dapat terwujud iklim demokrasi yang sehat. Sehingga penyelenggara Pemilu dan Pilkada Serentak bisa berjalan dengan kondusif dan lancar.

"Salah satu langkah awal yang perlu dilakukan adalah dengan membangun komunikasi berbagai stakeholder seperti partai politik, KPU, Bawaslu, dan lembaga independen. Dengan adanya komunikasi yang baik tentunya akan berkorelasi positif dengan perilaku politik yang terbentuk di masyarakat," jelasnya.

Dia berharap polarisasi politik yang pernah muncul di masyarakat dapat hilang dan berganti menjadi partisipasi politik yang aktif tetapi tetap santun dan beretika sesuai dengan budaya bangsa. Forum komunikasi ini juga bertujuan sebagai wadah untuk membangun sinergi yang kuat antar-stakeholder.

"Dengan begitu, berbagai potensi masalah yang akan muncul dapat diidentifikasi sedini mungkin," ucap dia.

BACA JUGA: Duh...Setelah Sepekan Berlalu Kini 2 Desa di Sleman Masuk Zona Merah

Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu DIY, Sri Rahayu Werdiningsih menambahkan, pihaknya akan menggiatkan kembali sosialisasi mengenai pencegahan pelanggaran di masa penyelenggara Pemilu dan Pilkada Serentak. "Fokus pencegahan akan dimulai dari tindakan awal serta potensi dan indikasi pelanggaran awal," kata dia.

Advertisement

Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KPU DIY, Siti Ghoniyatun menerangkan, persiapan tahapan Pemilu dan Pilkada serentak akan terus dimaksimalkan baik mengenai hal teknis maupun kebijakan anggaran.

Pihaknya juga berupaya menguatkan kapasitas kepada sumber daya KPU guna menjamin penyelenggaraan pemilihan berlangsung dengan optimal.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Reformasi Birokrasi Ala Kalurahan Pleret

Reformasi Birokrasi Ala Kalurahan Pleret

Jogjapolitan | 48 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Streaming Starjoja FM
alt

Alasan Polisi Enggan Beberkan Motif Pembunuhan Brigadir J

News
| Kamis, 11 Agustus 2022, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Jajal Keseruan Flying Fox Ledok Sambi, Solusi bagi yang Malas Lewat Tangga

Wisata
| Kamis, 11 Agustus 2022, 13:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement